:
:
News
Gandeng JNE, IZI Sumut Gelar Monitoring Bisnis

gomuslim.co.id –Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) cabang Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan JNE kembali mengadakan Mentoring Bisnis untuk para mustahik yang tergabung dalam komunitas jahit binaan IZI. Pada kegiatan ini, IZI menghadirkan Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Al-Haq Fachryana. Bertema “Motivasi Bisnis Kiat Berwirausaha Di Era Digital”, kegiatan ini diadakan di Rumah Pelatihan dan Keterampilan JNE--IZI Deli Serdang Sumut.

Menurut Fikri Al- Haq Fachryana, ada tiga langkah yang perlu kita perhatikan dalam mengembangkan usaha.

“kita harus memiliki titik fokus aspek mana yang akan kita tekuni dalam berwirausaha, misalnya dalam bidang industri pakaian, apakah kita hanya akan memproduksi pakaian wanita saja atau pakaian yang lainnya.” terang Fikri.

 

Baca juga:

Lewat ‘Mustahik Day’, IZI Riau Gelar Pembinaan bagi Penerima Zakat

 

Lebih lanjut, Fikri menjabarkan yang kedua adalah Targeting, apakah produk ini hanya untuk penduduk lokal, regional atau bahkan akan diproduksi untuk ke kota lainnya. Terakhir, yang ketiga adalah Position, ini membahas di mana posisi produk kita di pasaran. Ilmu lain yang didapatkan oleh para ibu dalam Mentoing Bisnis kali ini adalah empat aspek dalam berwirausaha yang harus kita perhatikan untuk memasarkan produk.

“Aspek pertama adalah Product, setiap pengusaha harus memastikan produk yang diproduksi tidak mengecewakan pembeli. Kedua adalah aspek Price, yaitu bagaimana harga yang kita tawarkan sesuai dengan produk dan mampu bersaingan dipasaran untuk menarik minat pembeli.” tambah Fikri.

Selain itu, Fikri juga menjelaskan bahwa aspek selanjutnya aspek Place, bagaimana memilih pasar yang akan menerima bahkan mendongkrak produk kita menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Salah satu ranah Market Place yang paling menjanjikan adalah Facebook atau mungkin social media lainnya.

Terakhir adalah aspek Promotion, aspek ini adalah bagaimana pengusaha mencari support system, contoh dari support system itu sendiri adalah ketika suatu produk telah memiliki iklan, maka produk tersebut biasanya adalah produk yang telah memilik banyak peminat dipasaran. (nov/izi)

 

Baca juga:

Gandeng Maybank Syariah, IZI Hadirkan Gedung Pusat Kajian Mualaf

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store