:
:
News
PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Siapkan Dua Proyek Rumah Sakit dengan Pembiayaan Syariah

gomuslim.co.id – Pembiayaan syariah kini menjadi salah satu garapan bagi PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII. Tahun ini, perseroan menyiapkan dua proyek rumah sakit yang bakal menggunakan penjaminan dan pembiayaan berskema syariah.

Direktur Utama PII Armand Hermawan mengatakan kedua rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin, Banda Aceh dan Rumah Sakit Kanker Dharmais. Ia berharap skema syariah dapat menjadi magnet bagi para investor dari negara-negara Timur Tengah pada proyek-proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

“Dua proyek yang disiapkan ada RS Zainoel Abidin dan RS Dharmais. Kami juga sudah menjajaki kesepakatan dengan The Islamic Corporation for the Insurance of Investment and Export Credit (ICIEC),” ujarnya, Rabu (03/04/2019).

Ia menyebutkan, proyek-proyek KPBU yang berpotensi mendapat pembiayaan syariah bisa mendapat penjaminan risiko politik dari PII dan risiko investasi dari ICIEC. Dengan begitu, tingkat kelayakan proyek di mata kreditor bisa meningkat sehingga biaya imbal hasil turun. “Dengan kerja sama ini, PII akan pelajari best practice sharia guarantee dari ICIEC,” katanya.

 

Baca juga:

PII-ICIEC Teken MoU Penjaminan Syariah di Indonesia

 

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan kesepakatan antara PII dengan ICIEC dapat mendorong inovasi pembiayaan berbasis syariah pada proyek infrastruktur melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU.

"Ini dapat memfasilitasi dan menarik minat investor dari negara-negara Islam berinvestasi di proyek infrastruktur melalui skema syariah. Ini awal yang baik di tahun 2019, melalui Syariah Financing dan Guarantee ini dapat menjadi skema pembiayaan infrastruktur nasional. Sehingga mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ICIEC merupakan satu-satunya lembaga multilateral yang menyediakan penjaminan dengan prinsip syariah di dunia. Pada 2017, total penjaminan yang diberikan anak usaha Islamic Development Bank itu mencapai US$7,5 miliar. Di sektor kesehatan, ICIEC telah memberikan penjamiann senilai 40 juta Euro untuk program transformasi kesehatan Turki. (njs/bisnis/foto:rsudza)

 

Baca juga:

Wujudkan Pusat Ekonomi Syariah, Gubernur Jatim Gagas Islamic Science Park

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store