:
:
News
Wujudkan Pusat Ekonomi Syariah, Gubernur Jatim Gagas Islamic Science Park

gomuslim.co.id – Dalam mewujudkan pusat syariah Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berencana membangun pusat ekonomi syariah di Jawa Timur dengan nama Islamic Science Park.

Konsep bangunan yang memerlukan lahan 40 hektare ini akan berisi 20 persen edukasi, 30 persen art, dan 50 persen entertaiment. Rencananya, lokasi Islamic Science Park akan berada di Kabupaten Bangkalan, tepatnya di kaki Jembatan Suramadu.

Dia menjelaskan, tempat ini harapannya bisa membawa referensi kepada dunia bahwa umat Islam di Indonesia itu bisa hidup berdampingan dengan damai.

“Dengan 714 suku dan dengan banyak agama, etnis, bahasa, bisa hidup harmoni. Ini akan menjadi referensi yang bagus, terutama bagi negara yang mengalami konflik sosial berkepanjangan,” terangnya.

 

Baca juga:

MES Kembangkan Ekonomi Syariah di Kota Udang

 

Pihaknya berharap, tempat ini akan menjadi pusat rekreasi religius dunia. “Jadi mereka bisa belajar bagaimana sebetulnya Islam di Indonesia berproses, bagaimana akulturasi budaya itu berjalan dengan sangat baik, nilai-nilai keagamaan tetap bisa menjadi ruh dari kehidupan masyarakat, bagaimana kebhinekaan bisa terangkai dengan harmoni,” paparnya.

Selain itu, wacana yang merupakan ide murni Khofifah ini juga akan berintegrasi dengan Kawasan Ekonomi (KEK) Syariah. Yakni dengan menghadirkan halal food, halal snack, serta kawasan ekonomi syariah. Saat ini,  sudah cukup banyak investor asing yang menawarkan untuk bekerja sama mewujudkan tempat tersebut.

“Ada beberapa negara. Sudah kirim perwakilan (untuk berdiskusi),” kata mantan Menteri Sosial tersebut.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan konsultan atau desainer dari Islamic Science Park merupakan orang yang sebelumnya telah melihat beberapa tempat bertaraf Internasional di dunia.

“Arsitek yang membuat desain itu orang yang sudah melihat Disney World seluruh dunia, orang yang sudah melihat museum-museum standar seluruh dunia,” ujar Khofifah.

Menurutnya, orang tersebut sudah mempunyai pengalaman yang cukup untuk mendesain tempat tersebut nantinya. “Jadi Insya Allah orang yang cukup punya pengalaman, pengetahuan, dan itu adalah orang Malang,” kata dia.

Nantinya, desainer tersebut akan mempersiapkan format untuk membangun tempat tersebut. Hanya saja, Khofifah belum membeberkan siapa sosok desainer tersebut. (nov/dbs/jawapos/foto ilustrasi: scienceparkamsterdam)

 

Baca juga:

Bersama Masyarakat Ekonomi Syariah Makmurkan Ummat

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store