:
:
News
PII-ICIEC Teken MoU Penjaminan Syariah di Indonesia

gomuslim.co.id – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PII melakukan penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) dengan The Islamic Corporation for the Insurance of Investment and Export Credit (ICIEC), sebuah lembaga bagian dari grup Islamic Development Bank (IsDB).

Penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak berlangsung di Jeddah, Arab Saudi, Senin (1/4/2019) lalu. PII diwakili Direktur Utama Armand Hermawan bersama dengan CEO ICIEC Oussama A Kaissi dan disaksikan Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman.

Kerja sama ini membuka peluang baru bagi pembiayaan maupun penjaminan dengan prinsip syariah pada proyek kerja sama di bidang infrastruktur. Menurut Luky Alfirman, kesepakatan antara PII dengan ICIEC dapat mendorong inovasi pembiayaan berbasis syariah pada proyek infrastruktur melalui kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU.

"Ini dapat memfasilitasi dan menarik minat investor dari negara-negara Islam berinvestasi di proyek infrastruktur melalui skema syariah. Ini awal yang baik di tahun 2019, melalui Syariah Financing dan Guarantee ini dapat menjadi skema pembiayaan infrastruktur nasional. Sehingga mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

PII bertindak sebagai penjaminan pemerintah (Sovereign Guarantee) di bawah Kementerian Keuangan. Sedangkan ICIEC menyediakan penjaminan untuk investasi dan kredit ekspor sesuai dengan prinsip syariah.

 

Baca juga:

Wapres JK: Kunci Daya Saing Perbankan Syariah Adalah Bagi Hasil

 

Kedua penjaminan tersebut dapat meningkatkan bankability proyek infrastruktur pusat maupun daerah di mata perbankan. MoU ini juga memberikan peruano lebih besar bagi negara-negara Islam untuk berinvestasi di Indonesia terutama di bidang infrastruktur melalui skema syariah.

Sementara itu, Armand menambahkan, proyek-proyek KPBU yang berpotensi mendapat pembiayaan syariah bisa mendapat penjaminan risiko politik dari PII dan risiko investasi dari ICIEC. Walhasil, tingkat kelayakan proyek di mata kreditor bisa meningkat sehingga biaya imbal hasil turun.

Menurut Armand, kerja sama dengan ICIEP bisa memperluas ruang lingkup penjaminan PII yang selama ini belum pernah memberikan penjaminan syariah. “Dengan kerja sama ini, PII akan pelajari best practice sharia guarantee dari ICIEC," tuturnya.

Selain penandatanganan MoU, PII dan ICIEC menjajaki kerja sama untuk penjaminan pada Proyek KPBU Satelit Multifungsi, RS Kanker Dharmais, dan proyek-proyek KPBU lainnya di Indonesia. Serta pengembangan skema penjaminan dan pembiayaan proyek KPBU syariah yaitu RS Zainoel Abidin, Banda Aceh, yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh. (njs/bisnis/gatra)

 

Baca juga:

KSEI Resmi Berbasis Syariah

Responsive image
Other Article
Responsive image