:
:
News
BWA Bantu Muslim Bajo di Pulau Gala Halmahera

gomuslim.co.id - Bila kita berkunjung ke Halmahera, rasanya belum pas jika tidak berkunjung ke bagian Selatan Halmahera yang memiliki sumber kekayaan alam laut yang besar serta pemandangan bawah laut  yang luar biasa indahnya.

Pulau Gala yang dibangun oleh Suku Bajo dengan menumpuk karang dan pasir (reklamasi) sejak tahun 1974 ini merupakan pulau terluar dan terpencil di Halmahera Selatan, di pulau ini ada 230 Kepala Keluarga suku Bajo yang seluruhnya muslim. Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai nelayan dan petani rumput laut, dengan penghasilan yang sangat minim. Jangankan untuk membeli Al-Qur'an untuk biaya sekolah anaknya saja sulitnya bukan main.

Kedatangan Badan Wakaf Al-Quran (BWA) ke pulau Gala diawali dari info pak Haji Ridwan Ilyasa, bahwa di pulau Gala itu penduduknya muslim semua, namun sayang jarang ada orang ke sana apalagi Dai untuk pembinaan.

Selama di perjalanan BWA sudah menduga, di pulau terluar ini pasti jarang yang memiliki Al-Qur'an, kemudian kami tanya ke pak haji, berapa jam arah ke pulau itu dari Ternate, ternyata perjalanan hanya bisa menggunakan kapal laut dengan jadwal hanya ada satu kali trip perjalanan dalam seminggu dan di tempuh selama 1 hari, berangkat dari Ternate dari jam 21.30 WIT tiba di pelabuhan Babang (Pulau Bacan) 07.30 WIT Kita menurunkan 500 Al-Qur'an, dan 1000 ex Al-Qur'an di bagikan di pulau tawabi, Kukupang dan Gonone.

Setelah itu, tim BWA baru lanjut ke pulau Gala. Namun sayang Al-Qur'an yang kami bawa masih belum mencukupi. untuk dibagikan juga ke pulau-pulau kecil sekitarnya. Harapan besar dari Kades Pulau Gala pak Sunarto berharap agar dikirimkan Dai di daerahnya sehingga warga ada pembinaan dan ngaji rutin Al-Qur'an. (bwa)

 

Baca juga:

Badan Wakaf Al Qur’an, Lembaga Filantropi untuk Kembangkan Potensi Wakaf Produktif di Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image