:
:
News
Menag Sampaikan Progres Penyelenggaraan Haji pada Komite III DPD RI

gomuslim.co.id – Kementerian Agama terus berupaya melakukan peningkatan dalam penyelenggaraan haji. Persiapan yang dilakukan juga diawasi secara internal oleh Itjen Kementerian Agama.

Demikian disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menerima kunjungan dan silaturahim delegasi Komite III DPD RI di Kantor Kementerian Agama. Menag Lukman didampingi jajaran pejabat Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU).

"Apa yang kita lakukan terkait penyelenggaraan haji secara menyeluruh menjadi contoh bagi pihak lain, dan kiranya semakin membaik ke depannya," kata Menag di Jakarta, Selasa (02/04/2019).

Untuk mendapatkan petugas terbaik, seleksi petugas haji juga diperketat, termasuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Sebelumnya, TPHD menjadi kewenangan penuh Pemda, sementara TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia) menjadi kewenangan pusat.  “Mulai tahun ini, kami tingkatkan seleksinya, semua tolok ukur sama. Baik TPHD dan TPHI, pusat yang melakukan seleksi, maka standartnya sama,” terang Menag.

Menag juga menyampaikan bahwa manasik haji diupayakan tahun ini lebih awal dilakukan. Proses pemvisaan juga terus berlangsung seiring dengan proses pelunasan. “Kita optimis, pelaksanaan haji tahun ini akan lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Itu semua karena bantuan DPD RI juga," tutup Menag.

 

Baca juga:

UU Baru PIHU Kontrol Akomodasi Haji Furadah

 

Pimpinan delegasi Komite III DPD RI Dedi Iskandar Batubara menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama. Menurutnya, tugas pokok DPD adalah pengawasan, termasuk dalam penyelenggaraan haji.

"DPD RI terkait penyelenggaraan haji 2019, menjadi salah satu tugas pokoknya. Peran negara dalam proses penyelenggaraan haji harus terus saling bersinergi," kata Dedi.

Tampak juga dalam rombongan delegasi Komite III DPD RI, Istiawati Ayu S, Habib Abdurrahman Bahasyim, H Abd Jabaar Toba, Chaidir Djafar, Ahmad Sadeki Karim, dan beberapa dari Sekretariat Komisi III DPD RI, Novri Roliansyah, Yulia AS, Aas Evi Idasari, Ichda Umul Aisah dan Andrian Teguh. (njs/kemenag)

 

Baca juga:

72 Persen Jemaah Haji Khusus Telah Lunasi BPIH 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image