:
:
News
BWI Tuban Sosialisasi Wakaf dan Pembinaan Nadzir

gomuslim.co.id – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan ‘Sosialisasi Wakaf Produktif dan Pembinaan Nadzir’ untuk Kecamatan Semanding dan Grabagan bertempat di Masjid Babussalam, Semanding, Jawa Timur. Kegiatan yang diikuti puluhan peserta yang terdiri dari takmir masjid, nadzir, perwakilan organisasi dan badan hukum setempat ini menghadirkan pembicara dari BPN, PPAT/Notaris, BWI, dan Kantor Kemenag Tuban.

Sekretaris BWI Kabupaten Tuban Mashari mengatakan, kegiatan ini melibatkan 10 kecamatan di Jawa Timur dan dibiayai oleh APBD Kabupaten Tuban tahun 2019.

"Di Kabupaten Tuban persoalan wakaf produktif masih sedikit sekali. Salah satu alasannya, pengurus nadzir belum tahu banyak tentang apa itu wakaf produktif," ungkapnya.

Mashari menjelaskan, Wakaf produktif adalah harta benda atau pokok tetap yang diwakafkan untuk dipergunakan dalam kegiatan produktif dan hasilnya dapat disalurkan sesuai dengan tujuan wakaf.

 

Baca juga:

Ini Dasar Hukum Wakaf dalam Al Qur’an dan Hadist 

 

"Kalau ditanya apa yang harus dilakukan memperbesarkan dunia perwakafan? Pertama adalah bagaimana caranya memperbanyak wakif," lanjutnya.

Sementara itu, Agus Rahmat Subagiyo, A. Ptnh yang mewakili Badan Pertanahan Negara (BPN) menjabarkan tata cara untuk mewakafkan sebuah lahan atau tanah.

"Dalam rangka memberikan kepastian hukum pendaftaran tanah wakaf terhadap tanah yang diwakafkan, maka perlu dicatat dan didaftarkan pada kantor pertanahan. Itu sudah sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 1997," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, notaris Miqdadurridlo, SH mengulas tentang tata cara pendaftaran tanah wakaf. "Untuk melaksanakan pendaftaran, sertifikat tanah wakaf perlu diurus dengan benar dan baik serta merujuk peraturan pemerintah. Terutama tentang tata cara permohonan dan pendaftaran di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tuban," pungkasnya. (nov/dbs/BWITuban)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store