:
:
News
UNAIR Jadi Tuan Rumah Kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia

gomuslim.co.id - Universitas Airlangga menjadi tuan rumah penyelenggaraan kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia (PAHI) yang pertama. Kongres PAHI ini dihadiri oleh lebih dari 40 peserta, baik dari kalangan akademisi perguruan tinggi negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Kongres tersebut berlangsung di Aula Kahuripan 301 Kantor Manajemen UNAIR, Sabtu, (30/03/2019). Kongres bertema ‘Asosiasi Auditor Halal Memperkuat Implementasi Jaminan Produk Halal di Indonesia’ tersebut dilaksanakan untuk membentuk formatur Kongres PAHI 2019. Luaran kongres diharapkan dapat menjadi salah satu komponen pendukung dibentuknya kurikulum halal.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Halal UNAIR tersebut terdiri dari tiga sesi, pembacaan AD/ART, kode etik auditor, dan usulan program kerja bagi kepengurusan PAHI 2019. Terdapat tujuh formatur yang dicalonkan dalam panitia pengarah dan atau peserta. Sementara calon formatur adalah peserta penuh kongres dari panitia pengarah dan atau peserta. 

“Ada tujuh formatur yang terpilih pada sidang kongres ini,” ujar ketua kongres PAHI 2019 Prof. Dr. Widayat, ST., MT.

 

Baca juga:

Halal Center Unair Gelar Program Pengmas untuk Pengelola Kantin Halal di Kampus

 

Ketujuh formatur merupakan hasil dari usulan serta voting yang diberikan oleh peserta auditor yang hadir dari seluruh Indonesia. Sementara dari sidang yang telah dilakukan, ketua terpilih adalah Dr. H. Mustofa Helmi Effendi drh., DTAPH dengan wakil ketua Prof. Dr. Widayat, ST., MT. yang memperoleh tujuh belas suara dari sejumlah peserta yang hadir dalam ruangan.

Wakil Rektor I UNAIR Prof. Djoko Santoso mengatakan pengadaan kongres ini diharapkan mampu memberikan kontribusi baik untuk negara kita maupun kemaslahatan umat Islam.

Selain itu, Prof. Djoko juga menyampaikan bahwa sedapat mungkin pelaksanaan kinerja PAHI ke depan dapat digunakan sebagai bahan kajian. Selain itu, Prof. Djoko berharap, penjaringan auditor tersebut akan menambah kelengkapan dalam menjalin sinkronisasi antara UNAIR dengan kampus lainnya. (rlsunair/dbs)

 

Baca juga:

Kepala BPJH Ingin PP Jaminan Produk Halal Segera Terbit

Responsive image
Other Article
Responsive image