:
:
News
Dorong Santri Melek Media Sosial, NU Gelar Ngaji Teknologi

gomuslim.co.id – Sejumlah santri dan kiai dari 24 pondok pesantren mengikuti kegiatan Ngaji Teknologi di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Selasa (26/3/2019). Kegiatan ini digagas Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) dan Lembaga Ta’lif wan Nasyr PBNU.

Menurut Pimpinan Program Ngaji Teknologi, Fuad Bahari kegiatan ini merupakan salah satu upaya mendorong munculnya dai atau kiai melalui media teknologi terutama di media sosial.  “Kemunculan mereka di media sosial, tidak sekadar muncul, tetapi ahli dalam bidangnya,”  ujarnya.

Ia menambahkan, para santri dan kiai di pesantren memiliki kemampuan yang memadai dalam bidang agama. Mereka seperti memiliki pedang yang tajam sekali, tapi ini belum dipakai di media sosial.

“Kemampuan mereka seharusnya tidak hanya dikonsumsi di kalangan pesantren yang terbatas, tapi kalangan umum. Caranya kegiatan atau ilmu mereka bisa dipublikasikan dengan peralatan yang sederhana sekali yaitu melalui perangkat telepon seluler yang kini hampir dimiliki semua orang,” paparnya.

 

Baca juga:

Ketua PW IPNU Jateng: Pelajar Harus Waspada Hoaks dan Bijaksana Bermedsos

 

Lebih lanjut, ia menyebut hal itu perlu dilakukan karena saat ini justru ada kalangan tertentu yang gencar melakukannya. Mereka sebetulnya tidak memiliki kapasitas seperti santri dan kiai di pondok pesantren, tapi nekat mempublikasikan konten keagamaan ke media sosial. “Namanya tak memiliki kapasitas, tentu rawan keliru,” katanya.

Menurutnya, konten tersebut bisa jadi tersebar luas dan diterima oleh kalangan yang tidak begitu mengerti agama dan dijadikan pegangan. Hal itu, kata dia, bisa berbahya.

Ngaji Teknologi ini mulanya dilakukan di PBNU tiap bulan selama setahun. Kemudian awal 2019 ini, kegiatan tersebut dilakukan di pesantren di daerah-daerah. Dalam waktu dekat ini, dilakukan di Jawa Barat mulai Bogor, Bandung, Majalengka, Sukabumi, dan Garut. (njs/nuonline)

 

Baca juga:

Jamaah Muslimin Dirikan TV Media sebagai Ladang Dakwah

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store