:
:
News
Walikota Banda Aceh Imbau Pemilik Pengusaha Kuliner Segera Urus Sertifikasi Halal

gomuslim.co.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan masih banyak pengusaha restoran, rumah makan, warung, toko, dan lainnya yang menjual produk makanan dan minuman belum bersertifikat halal dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Hal itu disampaikan dalam acara Sosialisasi Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) di Aula Serbaguna Tgk H Abdullah Ujong Rimba, Kompleks MPU Aceh.

“Saya mengimbau para pengusaha makanan di Banda Aceh ini untuk mengurus sertifikat halal untuk makanan dan minuman yang diproduksi dan dijual. Ini untuk memberi kepastian dan kenyamanan kepada konsumen,” kata Aminullah.

Menurut Aminullah, umat muslim berhak dan wajib memperoleh serta mengonsumsi makanan dan minuman halal, sesuai dengan syariat Islam. Sayangnya, umat tidak tahu banyak makanan yang dikonsumsinya itu halal atau haram lantaran konsumen tak bisa membuktikan sendiri makanan yang dimakan dan diminumnya halal atau haram, kecuali bila tertera label “halal” yang dikeluarkan MPU atau MUI.

 

Baca juga:

Produk UMKM Minim Bersertifikat Halal, LPPOM: Negara Belum Tanggung Biaya Sertifikasi

 

Terkait dengan keluhan pengusaha atau produsen yang mengatakan pengurusan sertifikat halal itu tidak mudah serta butuh waktu lama dengan proses yang juga sangat teliti. Kalangan ulama menjawab bahwa produk halal itu bukan saja dari bahan bakunya, tapi juga dari bahan-bahan yang dipergunakan, serta proses produksinya.

Hal yang jelas, tambah Aminullah secara nasional Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengklaim sudah mempermudah proses sertfikasi halal bagi pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Beberapa hal yang tidak bisa dikompromikan antara lain, bahan-bahan produksi yang digunakan UMKM harus diketahui dan konsisten, serta bukti-bukti pembeliannya juga harus ada” tutup Aminullah (nov/serambinews/dbs)

 

Baca juga:

ITS-BPJPH Tandatangani MoU Sertifikasi Halal 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store