:
:
News
Indonesia Halal Lifestyle Center: Wisata Halal Indonesia Minim Koordinasi

gomuslim.co.id – Indonesia Halal Lifestyle Center (Inhalec) menyebutkan wisata halal di Indonesia masih kurang perhatian dari pemerintah. Inhalec menilai koordinasi antara pemerintah dan pelaku usaha industri pariwisata masih minim.

Wakil Ketua Inhalec Jetti Rosia Hadi, mengatakan, sektor pariwisata halal di Indonesia harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Sebab, hal itu akan bersinggungan langsung dengan maju tidaknya pengembangan wisata halal dalam negeri.

“Perhatian harus diberikan optimal, bukan hanya pada destinasinya tapi juga ke pelaku usahanya,” kata Jetti. 

 

Baca juga:

Menpar Targetkan Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Wisata Halal Dunia

 

Menurut dia, perhatian yang harus diberikan yakni berupa pembinaan khususnya kepada pelaku usaha perhotelan untuk bisa memberikan fasilitas yang memenuhi standar kehalalan. Terutama, ketersediaan tempat ibadah yang layak dan mudah di jangkau.

“Jadi bagaimana pemerintah bisa mengintervensi pelaku usaha, itu yang penting. Saat ini belum ada perhatian, padahal potensinya besar,” ujar Jetti.

Untuk diketahui, menurut versi Global Muslim Travel Index (GMTI) pada 2019, Indonesia ditargetkan menempati peringkat pertama destinasi wisata halal dunia sekaligus menjadi destinasi paling ramah terhadap wisatawan Muslim.

Indonesia ditargetkan mampu mendongkrak sebanyak 5 juta atau tumbuh 42 persen kunjungan halal tourisme dari sebelumnya sebanyak 3,5 juta. Untuk mencapai itu, Kemenpar menggunakan IMTI sebagai standar kerja pengembangan wisata halal Indonesia menuju ranking pertama GMTI 2019. (nov/rep/dbs)

 

 

Baca juga:

Ini Alasan Wisata Halal Bakal Jadi Tren di Tahun 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store