:
:
News
Bank Islam Turki Catat Pertumbuhan Positif Selama 2018

gomuslim.co.id – Bank Islam Turki atau bank pastisipasi di Negara itu mengalami peningkatan laba bersih 34,1 persen pada 2018 menjadi 2,1 miliar liras ($ 388,2 juta). Data tersebut berdasarkan laporan dari Participation Banks Association of Turkey (TKBB) baru-baru ini.

Total aset yang dimiliki oleh lima bank syariah pada 2018 melonjak 29,1 persen menjadi 206,8 miliar lira pada akhir 2018 dibandingkan pada akhir 2017 yang hanya mencapai 160,1 miliar lira.  Peningkatan tersebut menyumbang 5,3 persen dari total aset perbankan Turki pada 2018 atau naik 4,9 persen dari setahun sebelumnya.

Kepala TKBB, Osman Akyuz, mengatakan pihaknya berharap aset sektor ini tumbuh lebih dari 30 persen pada 2019. Ia juga mengatakan tahun ini bank Islam akan lebih produktif bagi Turki secara ekonomi.

“Pemerintah menginginkan aset perbankan partisipasi mencapai 15 persen pasar pada tahun 2025,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Anadolu, Kamis (21/03/2019).

 

Baca juga:

Berkonsep ‘Pasar Kayu’, Ini Museum Baru di Turki

 

Sebelumnya, pemerintah Turki melalui peraturan perbankan dan otoritas pengawas menyetujui operasional bank Islam baru, Emlak Katilim Bankasi. Adanya bank tersebut menambah jumlah bank Islam, menjadi enam. Ini merupakan langkah lebih jauh dalam perjalanan Turki untuk menjadi pusat regional keuangan Islam.

Lima bank syariah lainnya adalah Ziraat Bankasi dan Vakif Bank yang dikendalikan oleh negara, yang masing-masing menerima lisensi untuk melakukan perbankan syariah pada 2015 dan 2016. Bank lainnya Albaraka Turk, Kuveyt Turk, yang mayoritas dimiliki oleh Kuwait Finance House, serta Turkiye Finans

Ziraat Bankasi adalah pemberi pinjaman milik negara terbesar dan berdiri di bawah kendali dana kekayaan negara Turki, yang diketuai oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang merupakan pendorong utama pertumbuhan industri perbankan Islam di negara itu. (njs/anadolu/salaamgateway)

 

Baca juga:

Bisa Tampung 60 Ribu Jamaah, Pemerintah Turki Akan Resmikan Masjid Terbesar 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store