:
:
News
Persiapan Lebaran 2019, Kemenhub Resmi Buka Pendaftaran Mudik Gratis

gomuslim.co.id – Mudik lebaran Iedul Fitri 2019 akan tiba. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai hari ini sudah membuka pendaftaran mudik motor gratis melalui online di laman resmi www.mudikgratis.dephub.go.id. Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan kuota mudik motor gratis Lebaran Idul Fitri 2019 ditambah.

Dia mengatakan jumlah pemudik motor gratis tahun lalu terdapat 44.041 peserta mudik gratis dan kuota 2019 akan bertambah.

"Kami berencana untuk dapat memulangkan masyarakat sampai dengan 54 ribu orang peserta mudik gratis dari Jabodetabek ke kota tujuan masing-masing, jadi ada kenaikan 18 persen," kata Budi di Gedung Kemenhub, Selasa (19/3). 

Ia mengungkapkan, pada di tahun lalu hanya tersedia 32 kota tujuan, di tahun ini Kementerian Perhubungan menambah kota tujuan menjadi 40. Kota-kota tujuan tersebar mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur serta beberapa kota di Sumatera seperti Lampung dan Palembang.

 

Baca juga:

Ini Tips Berburu Tiket Mudik Lebaran dari Humas KAI


"Fokus kami kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor supaya bisa ikut program mudik gratis," kata Budi di kantor Kementerian Perhubungan

Ia menjelaskan, untuk ketersediaan truk yang mengangkut motor dari pemudik disediakan sebanyak 100 truk. Semua truk tersebut memiliki kapasitas 3.500 unit motor dengan setiap truk memiliki kapasitas masing-masing 35 unit motor. 

Katanya, dari total truk tersebut, sebanyak 75 truk untuk arus mudik dan 25 truk untuk arus balik.

"Jadi kapasitas untuk arus mudik ada 2.625 unit motor dan 875 unit motor," tutur Budi.

Selain itu, Budi menerangkan, Kemenhub juga memberikan mudik gratis bagi masyarakat yang ingin pulang kekampung halaman dengan menggunakan Bus. Katanya, untuk angkutan orang dengan menggunakan bus, Kemenhub menyediakan 1.200 unit bus untuk menanmpung kuota 54 ribu orang. Menurutnya, kapasitas satu unit bus dapat mengangkut 45 orang. 

"Arus mudik ada 970 bus dengan kuota 43.650 orang dan arus balik ada 230 bus untuk kuota 10.350 orang," pungkas Budi. (hmz/release/kemenhub)

 

 

Baca juga:

Ini Daftar Harga Tiket Mudik KAI 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store