:
:
News
Gandeng Kak Seto, Yayasan Ini Bentuk Komunitas #SayaSahabatYatim

gomuslim.co.id -  Yayasan Sahabat Yatim Indonesia secara resmi membentuk komunitas bernama #SayaSahabatYatim. Pembentukan komunitas untuk memperluas jangkauan bagi anak-anak yatim dan dhuafa ini dilakukan di Auditorium Vokasi Universitas Indonesia.

Peluncuran komunitas #SayaSahabatYatim dilakukan bersama dengan keluarga besar Vokasi Universitas Indonesia yakni para dosen dan mahasiswa. Dihadiri tokoh nasional pencinta dan pemerhati anak, Kak Seto Mulyadi, Ketua Program Studi Komunikasi Vokasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati dan Ketua Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) Fachrul Muchsen.

Penggagas Komunitas #SayaSahabatYatim, Ikhsan, mengungkapkan alasan didirikan komunitas ini yaitu untuk sebagai jejaring informasi bagi anak-anak yatim di seluruh Indonesia dalam memperoleh akses pendidikan.

“Kami berharap dengan dibentuknya Komunitas #SayaSahabatYatim, terjadi percepatan informasi serta luasnya jangkauan dalam membantu anak-anak Indonesia yang kurang beruntung untuk mendapatkan dukungan dalam kegiatan pendidikan mereka, ungkap Ikhsan, Rabu (13/3/2019).

 

Baca juga:

Punkajian Bekasi Terus Gelar Aksi Dakwah kepada Anak-anak Punk di Berbagai Penjuru


Karena itu, awal Januari 2019 tercetuslah ide Yayasan Sahabat Yatim untuk membentuk komunitas relawan guna memperluas jangkauan penerima manfaat serta akses informasi mengenai keberadaan anak-anak Indonesia yang mengalami kendala dalam mengenyam pendidikan.

Ikhsan menjelaskan, jika Negara ingin maju, maka pendidikan sangat perlu dibenahi. Katanya, mempunyai generasi penerus yang handal dan berkualitas, tentu merupakan asset yang sangat penting bagi suatu keluarga bahkan negara.

“Namun faktanya masih banyak anak-anak negeri  ini yang belum mengenyam pendidikan yang seharusnya. Tentu saja kewajiban mengatasi permasalahan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat,” jelas Ikhsan.

Sementara itu, Ketua Program Studi Komunikasi Vokasi Universitas Indonesia, Devie Rahmawati dan juga ketua Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI), Fachrul Muchsen, memberikan dukungan penuh atas program yang dicetuskan Yayasan Sahabat Yatim Indonesia.

Selain itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, pada Februari 2019 lalu di Pandeglang, juga menyampaikan dukungannya bagi komunitas #SayaSahabatYatim saat melakukan kegiatan bersama Koalisi Anak Madani (KAMI) dalam membantu anak-anak Indonesia.

Sebagai informasi, Sahabat Yatim Indonesia yang berkantor pusat di Graha Raya Bintaro, Tangerang Selatan, saat ini fokus pada pelaksanaan beragam Program Sosial Kemanusiaannya yakni Program Pengasuhan di Asrama Asuh (saat ini ada 17 Asrama Asuh Sahabat Yatim Indonesia tersebar di belasan kota di Indonesia), dan Program bantuan biaya pendidikan rutin bagi anak-anak yatim dan dhuafa di sekitar asrama yang totalnya hingga saat ini hampir mencapai 2.000 orang. (hmz/kami/dbs)

 

Baca juga:

Dengan Kimono Berhijab, Warga Aceh Ikut Peringati 8 Tahun Tsunami Jepang

Responsive image
Other Article
Responsive image