:
:
News
Muslim Travelers, Inilah Restoran Halal Legendaris di Taipei

gomuslim.co.id – Restoran Halal di Taiwan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini sebagai upaya untuk menarik wisatawan muslim Asia Tenggara. gomuslim bersama awak media lainnya dalam Taiwan Familiarization Tour berkesempatan berkunjung dan mencicipi makanan di salah satu restoran halal terlama di kota Taipei, Selasa (5/03/2019). Namanya Thai Yunus Halal Restaurant.

Pemilik restoran, Haji Yunus Ma (36), bercerita tentang perjalanan dirinya mendirikan restoran halal di Ibukota Taiwan. Dua puluh tahun silam, ia bersama keluarganya pergi merantau ke Taiwan. Dia berangkat dari Chiang Mai, Thailand bagian utara.

Menurutnya, saat itu hampir tidak ada satu pun yang menjual makanan halal. Padahal banyak muslim berdatangan ke Taiwan. Dari sanalah kemudian idenya muncul untuk membuka restoran halal, mengingat banyak turis muslim berkunjung.

“Dua puluh tahun lalu, banyak warga muslim datang. Tapi tidak ada makanan halal di sini. Yang ada hanya ada mie muslim di warung-warung kecil. Saya pikir kenapa tidak membuat restoran halal aja sekalian. Waktu itu, sangat sulit menemukan restoran halal. apalagi di sini tempatnya lebih refresentatif (pusat kota),” ujarnya.

Yunus mengaku setiap harinya bisa melayani 100 pelanggan. Tidak hanya turis muslim yang datang, sebagian pelanggannya justru datang dari warga lokal yang sekadar ingin mencoba masakan makanan halal.

Bahkan, sejumlah pejabat Asia Tenggara baik dari Indonesia maupun Malaysia disebut pernah datang ke restorannya. Hal ini terlihat dari pajangan foto-foto kunjungan pejabat yang tertempel di dinding restoran.

“Pejabat yang pernah ke sini ada Deputi Perdana Menteri Malaysia, Mahfud MD, Ma'ruf Amin, Alwi Shihab, hingga Muhaimin Iskandar dan pak Ma'ruf Amin yang baru tahun lalu berkunjung," kata ayah dua anak ini.

Saat ditanya makanan yang dipilih para pejabat, Yunus menjawab hampir semua disukai. Namun, beberapa menu favorit di antaranya tim ikan, sup ikan, tom yum, telur dadar, sayur kangkung dan ayam goreng pedas.

Ia menyebut, masakannya tidak hanya terbatas pada gaya kuliner Thailand saja. Tetapi juga bisa memasak berbagai jenis makanan Asia dan menyesuaikan dengan lidah pelanggannya. "Campur-campur masakannya, China ada, sambosa ada, prata juga," ucapnya.


Baca juga:

Promosi Wisata Ramah Muslim, Taiwan Tourism Bureau Undang Media dan KOL Jelajah Pulau Formosa


Urus Sertifikat Halal

Yunus mengaku tidak terlalu sulit menemukan bahan-bahan untuk olahan makanan di restorannya. “Pas awal-awal emang sulit, tapi sekarang karena sudah pengalaman, sudah tau dimana belinya. Jadi mudah,” katanya.

Terkait pengurusan sertifikat halal dari Chinese Muslim Association (CMA), Yunus tidak mengalami kesulitan berarti karena dirinya muslim. “Yang penting kita tidak menjual minuman keras (alkohol), atau bahan-bahan yang haram. Prosesnya mudah. Biasanya ada auditor yang mengecek ke sini. Kalau bersih, satu bulan kemudian Sertifikat Halal keluar,” jelasnya.

Hanya saja, jika pemilik restoran bukan muslim atau bukan warga Taiwan, akan cukup sulit. “Kalau di sini (Yunus Halal Restaurant), standardnya paling tinggi diantara restoran muslim lain yang ada di Taiwan,” ungkapnya.

Selain itu, di restoran ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruangan shalat (mushala) yang dapat menampung 20 hingga 30 jamaah. Lokasinya berada di bawah restoran. Yunus mengklaim, karena dirinya muslim, fasilitas yang disediakannya pun sesuai dengan apa yang dibutuhkan muslim.

“Pemerintah Taiwan sekarang sedang mendorong pariwisata halal baik dari sisi makanan maupun fasilitas lainnya. Saya sebagai pelaku pariwisata juga semakin terpanggil untuk lebih mempersiapkan lagi dalam menyambut turis-turis muslim dari Indonesia, Malaysia, Singapore, dan Brunei,” tutupnya.

Untuk menuju Thai Yunus Halal Restaurant di Beining Road, pelancong cukup naik MRT turun di Taipei Arena Station lalu berjalan kaki kurang lebih lima menit, atau naik bus yang melewati Bade Road atau Nanjing East Road. (njs)

  

Baca juga:

Hari Kedua di Taiwan, Jelajah Taman Rekreasi EDA dan Festival Kebanggaan Formosa

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store