:
:
News
Toleransi di Tana Toraja Tinggi, Wagub Sulsel Optimis Rencana Wisata Halal Tak Terkait Agama

gomuslim.co.id - Rencana Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang akan dijadikan destinasi wisata halal masih mendapat respon pro dan kontra dari masyarakat adat. Baru-baru ini, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, angkat bicara terkait polemik rencana penerapan wisata halal di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

“Saya sudah bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat serta pemuda Toraja di kantor Bupati Toraja Jumat, 8 Maret lalu,” tutur Sudirman, Minggu (10/03/2019).

Dia bertemu dengan tokoh-tokoh Toraja untuk memberikan penjelasan terkait rencana penerapan wisata halal di Tana Toraja.

Pemerintah Provinsi Sulsel telah merancang program wisata halal atau Muslim friendly yang akan dikembangkan di wilayah Tana Toraja. Ia menjelaskan, tujuan tersebut semata-mata untuk meningkatkan potensi kunjungan wisatawan ke Toraja.

 

Baca juga:

Pemprov Sulawesi Selatan Dorong Pengembangan Wisata Halal Toraja

 

"Jangan dipolitisasi itu (wisata halal), fokus infrastruktur daerah dengan baik, segala hubungan yang menyangkut wisata halal biarlah pemerintah daerah dan tokoh masyarakat memutuskan sendiri mana lebih baik," kata dia.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih cerdas melihat fokus utama dari kebijakan, yakni membangun daerah. Upaya itu, kata dia, agar masyarakat dapat menikmati fasilitas dan keuntungan dari meningkatnya kunjungan wisatawan di Tana Toraja.

Ditegaskan olehnya, pemerintah tidak berniat untuk menghilangkan adat dan budaya setempat terkait rencana wisata halal. Tujuannya, tak lain demi kenyamanan dan ketenangan wisatawan ketika berkunjung ke Toraja.

"Pemikiran logis kita saja, ketika budaya dan adat dihapuskan apa yang menarik? Maka hilang semua, dan buat apa kami perbaiki infrastruktur, memberikan anggaran ratusan miliar, buat apa kami lakukan semua itu," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat bijak dalam memanfaatkan media sosial. Tidak mengaitkan isu agama terhadap program dan fokus membangun Toraja secara bersama-sama.

“Saya yakin Toraja memiliki toleransi tinggi,” pungkas Sudirman. (nat/viva/dbs/foto:ARST Tours & Travel)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image