:
:
News
Ini Dua Platform Layanan Pelunasan Biaya Haji dari Bank Syariah Mandiri

gomuslim.co.id – Pelaksanaan ibadah haji tahun 2019 masih beberapa bulan lagi. Sejumlah bank syariah mulai menerima layanan pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun ini. Terkait hal tersebut, PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) mulai menyiapkan platform digital channel.

Menurut SEVP Mandiri Syariah, Anton Sukarna, platform tersebut dihadirkan untuk memudahkan Jemaah dalam pelunasan BPIH yang akan dimulai pada pertengahan Maret 2019 ini. Ia menjelaskan pihaknya menyediakan platform Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking.

“Platform ini akan memudahkan nasabah melakukan pelunasan disamping layanan pelunasan melalui Kantor Cabang yang sudah ada sebelumnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (08/03/2019).

Anton menambahkan, dengan adanya fasilitas e-channel tersebut, nasabah akan lebih mudah, nyaman dan fleksibel dalam bertransaksi karena tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantri di teller untuk melakukan pelunasan.

“Selanjutnya, dalam waktu tiga hari setelah pelunasan, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Misalnya resi pelunasan bank dan 10 lembar pas foto 4×6 background putih, 80 persen wajah,” katanya.

Adapun total jemaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini sekitar 79 ribu. Jumlah tersebut sekitar 31% dari total jemaah haji Indonesia tahun 2019 yang berjumlah 220 ribu.

 

Baca juga:

KJRI Jeddah Gelar Seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi, 1250 Orang Ikut Tes

 

“Dari sekitar 79 ribu jemaah yang berhak lunas tahun ini, kami memperkirakan pelunasan melalui e-channel akan mencapai sekitar 13%,” katanya.

Selain itu, sambung dia, fasilitas e-channel juga akan memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah. Selain melalui fasilitas e-channel, nasabah yang berada di luar jangkauan kantor cabang juga bisa melakukan pelunasan di Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

“Mandiri Syariah juga sudah menyiapkan suvenir bagi calon jemaah haji yang saat ini telah didistribusikan di kantor-kantor cabang Mandiri Syariah,” ungkapnya.

Sekadar informasi, sampai akhir Desember 2018, rekening Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai 1,8 juta rekening. Sekitar 72% atau 1,3 juta dari nasabah tersebut sudah terdaftar dalam Siskohat Kementerian Agama (Kemenag). (njs/rls/bisnis/foto:tribunjogja)

 

Baca juga:

Ini Alasan MUI Sarankan Sertifikasi Halal bagi Travel Haji dan Umrah

Responsive image
Other Article
Responsive image