:
:
News
Pemerintah Arab Gelar Konferensi Parlemen Bahas Tentang Yerusalem

gomuslim.co.id – Pasca keputusan Pemerintah Amerika Serikat yang menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, menuai protes dari Kerajaan Arab. Hal tersebut menjadi topic utama dalam konfrensi parlemen antar-Arab yang digelar di Amman Yordania. Konfrensi tersebut bertujuan menentang keputusan AS yang dinilai mengambil keputusan penetapan wilayah secara sepihak.

Dilansir Anadolu Agency, Ketua Uni Parlemen Arab, Ali Abdelal mengatakan, keputusan AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel itu gegabah. Sebab keputusan tersebut sebetulnya bertentangan dengan seluruh prinsip hukum internasional dan secara hukum pun tidak sah.

"Topik utama konferensi kami adalah soal Yerusalem pasca keputusan AS yang merusak semua prinsip manusia dan menantang hukum," ujar Abdalel disela konfrensi, Senin (04/03/2019).

 

Baca juga:

Saudi Libatkan KAUST dalam Inovasi Pelayanan Haji


Menurutnya, Yerusalem tetap menjadi jantung dari konflik Timur Tengah yang telah berlangsung dalam beberapa dekade. Warga Palestina berharap, Yerusalem Timur yang diduduki oleh Israel sejak 1967, suatu hari nanti dapat berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina.

Sementara itu, Ketua Parlemen Yordania, Atef Tarawneh menyerukan untuk menggalang dukungan dari negara-negara Arab dengan tujuan agar menghasilkan langkah-langkah yang patut ditempuh atas keputusan Presiden AS Donald Trump.

“Kita akan atur langkah-langkah apa saja yang akan kita tempuh untuk memprotes keputusan Presiden Donald Trump yang secara sepihak menyatakan Yerusalem adalah sebagai ibu kota Israel,” ungkapnya.

Konferensi yang berlangsung selama dua hari itu menghadirkan pembicara dari 16 parlemen Arab bersama dengan perwakilan dari majelis-majelis lain.

Sebagai informasi, pada akhir 2017 lalu, pihak AS secara sepihak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israels sehingga memicu kemarahan dunia. (hmz/anadoluagency/foto:parstoday)

 

Baca juga:

Mulai Ramadhan, Kereta Haramain Saudi Tambah Jadwal Perjalanan

Responsive image
Other Article
Responsive image