:
:
News
Pemprov Sulawesi Selatan Dorong Pengembangan Wisata Halal Toraja

gomuslim.co.id – Wisata halal kini menjadi garapan beberapa daerah di Indonesia. Salah satu yang berniat mengembangkan sektor ini adalah Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel). Rencananya, konsep wisata halal ini bakal diterapkan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, tujuan penerapan wisata halal ini adalah untuk membangkitkan semangat wisatawan asing dan domestik agar berkunjung. Menurutnya, wisata halal harus ada di sebuah kota meskipun penduduk kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja mayoritas nasrani.

“Toraja sebagai daerah tujuan wisata dikunjungi oleh banyak orang. Tidak menutup kemungkinan orang muslim atau beragama Islam juga akan datang ke wilayah itu apalagi di Makassar sebagai ibukota provinsi. Makanya, Kabupaten Toraja ini perlu membangun kawasan wisata halal," ujarnya, Senin (25/2/2019).

Tana Toraja dan Toraja utara selama ini menjadi salah satu ikon pariwisata Sulsel. Toraja sebagai daerah tujuan wisata dikunjungi oleh beragam orang. Wisatawan muslim biasanya akan mencari sajian kuliner yang halal. "Karenanya harus ada lokasi yang bisa memfasilitasi wisatawan untuk mendapatkan kuliner halal," jelasnya.

 

Baca juga:

Sulawesi Selatan Gaungkan Wisata Halal dan Halal Kitchen

 

Penerapan konsep ini diadopsi dari pengembangan negara-negara maju di kawasan Asia Pasifik. Seperti Selandia Baru, Jepang, Tiongkok, Thailand, dan Hongkong. Agenda penerapaan itu terlibih dulu akan dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Negara nonmuslim saja memiliki kawasan wisata halal seperti Selandia Baru, Jepang, Cina, Thailand, Hongkong. Mereka membuat wisata kuliner halal, kenapa kita tidak bisa lakukan itu. Harapan kami, pariwisata halal di Sulsel ini bisa terealisasi, bukan hanya sekadar wacana," tutupnya. (njs/tribuntimur/jawapos/foto:travelingyuk) 

 

Baca juga:

Ini Progres Pemprov Jawa Timur Kejar Pertumbuhan Wisata Halal

Responsive image
Other Article
Responsive image