:
:
News
Jelang Kampanye Visit My Mosque Day, Ratusan Relawan Masjid Bersihkan Sampah Jalanan di Inggris

gomuslim.co.id – Ratusan relawan dari berbagai masjid di Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara mendukung prakarsa pembersihan jalan pada Minggu (24/02/2019). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Visit My Mosque Day tahun ini yang berada di bawah naungan Dewan Muslim Inggris atau Muslim Council of Britain (MCB).

Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris Harun Khan, mengatakan inisiatif tersebut bekerja sama dengan Keep Britain Tidy. "Apa pun keyakinan atau latar belakang Anda, perawatan dan kebersihan untuk lingkungan lokal kami adalah kekuatan pemersatu yang menyatukan masyarakat," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Ekklesia, Minggu (24/02/2019).

Harun Khan mengaku senang dengan gerakan mendukung Keep Britain Tidy dalam kampanye Great British Spring Clean pada musim semi ini. Pihaknya berharap Visit My Mosque go green untuk peringatan tahun kelimanya dapat memberikan dampak positif untuk komunitas berbasis agama dan lainnya terkait kepedulian lingkungan.

Pembersihan jalan dilakukan akhir pekan sebelum relawan Muslim mengundang tetangga, teman, dan orang-orang dari semua agama untuk mengunjungi masjid lokal. Hal tesebut sebagai bagian dari hari nasional 'Visit My Mosque' pada 3 Maret 2019 mendatang.

Tema untuk Hari #VisitMyMosque 2019 adalah Islam & Lingkungan. Umat Muslim di seluruh negeri berharap semakin banyak orang datang ke masjid lokal agar belajar lebih banyak tentang kehidupan satu sama lain.

 

Baca juga:

#BeingBlackAndMuslims Jadi Kampanye Perjuangan Warga Muslim Amerika Kulit Hitam Lawan Rasisme

 

Ketua Eksekutif Keep Tidy Inggris Allison Ogden-Newton mengatakan, pihaknya ingin menginspirasi setengah juta orang dalam kampanye ini. Ia mengajak masyarakat bergabung bersama dalam mengumpulkan dan membuang sampah dari jalan, taman, dan pantai, melalui Great British Spring Clean tahunan.

"Kami sangat senang atas dukungan lebih dari 250 masjid di Inggris yang keluar lebih awal dan berharap untuk melihat lebih banyak lagi yang berubah di musim semi," ungkapnya.

Visit My Mosque Day sendiri diadakan setiap tahun di sejumlah negara termasuk Australia, Inggris, Norwegia, dan Prancis. Lewat kegiatan ini, muslim mengundang para tetangga untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam dan Muslim.

Di Inggris, kegiatan ini pertama kali dimulai pada Februari 2015, dengan diikuti sekitar 20 masjid. Panitia berharap lebih banyak masjid terlibat dalam acara tahunan ini mengingat pertumbuhan cukup pesat. Pada 2018, tercatat ada 200 masjid. Angka ini meningkat dari tahun 2017 yang hanya ada 150 masjid.

Di Kanada, Visit My Mosque Day pertama kali diadakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2017. Sementara di Jerman, sekitar 100.000 non-Muslim mengunjungi lebih dari 900 masjid. (njs/ekklesia/aboutislam)

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Wina Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma di Austria

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store