:
:
News
Ini Sosok Atlet Tinju Berhijab yang Digandeng Nike

gomuslim.co.id - Sederet atlet berhijab pernah digandeng Nike untuk produk hijabernya Nike Pro Hijab. Sebut saja Ibtihaj Muhammad, Amma Alhadad, dan Mthayel Al Ali. Kini, Nike kembali menggaet atlet berhijab untuk mempromosikan produk terbarunya Nike React. Hijaber ini merupakan atlet tinju asal Jerman bernama Zeina Nassar. 

Nama Zeina di cabang olahrag tinju sudah dikenal dan mendulang banyak prestasi. Ia memenangkan medali emas di Berlin Champion sebanyak lima kali, dan menjadi juara di German Champion 2018.

Kegiatan Zeina dalam mengikuti pertandingan semakin dipermudah setelah The International Boxing Association (AIBA) mengizinkan petinju perempuan memakai hijab saat berlaga. Zeina merupakan salah satu dari sedikit petinju berhijab di dunia.

"Aku melawan prasangka buruk dengan aktif berolahraga tinju memakai hijab. Aku selalu berjuang karena aku pernah mendengar seseorang mengatakan perempuan berhijab tidak teredukasi, terpaksa memakai hijab, dan tidak bebas. Aku buktikan mereka salah, itu hanya klise," tutur Zeina seperti yang dilansir dari publikasi Harpers Bazaar Arabia.

 

Baca juga:

Alhamdulillah, AIBA Perbolehkan Petinju Muslimah Kenakan Hijab

 

Seperti diketahui, peraturan berhijab dalam olahraga tinju internasional pertama kali digebrak oleh atlet muda berusia 15 tahun, Amaiya Zafar. Tahun 2017, ia merupakan atlet hijab pertama yang berlaga di pertandingan tinju Amerika Serikat.

Sejak saat itu, keberadaan atlet berhijab semakin diakui. Kini, Nike menggandeng  beberapa atlet untuk kembali mendongkrak stigma atlet berhijab. Di antaranya; Zeina Nassar, Estelle Raffai, pelari sprint yang meraih medali di World U20 Championships 2017, Dina Asher Smith pelari sprint yang pernah meraih medali perunggu Olimpiade, dan Caster Semenya atlet pelari asal Afrika Utara yang juga pernah meraih medali emas pada Olimpiade. (nat/harpersbazaararabia/dbs/foto:newsbeezer)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store