:
:
News
Masjid Ibrahim Venezuela Jadi Cermin Kerukunan Beragama di Amerika Latin

gomuslim.co.id – Masjid Ibrahim, milik Sheikh Ibrahim Al Ibrahim ini adalah masjid terbesar di Venezuela. Masjid ini adalah masjid terbesar ke-2 di Venezuela, Amerika Latin, yang sebelumnya ada Masjid King Fahd di Bouenos Aires.

Dengan adanya dua Masjid terbesar di Amerika Latin ini, di nilai Islam mulai berkembang di Wilayah tersebut. Berada di ibu kota, masjid tersebut menambah keindahan tersendiri. Menara masjid menjulang 113 meter di antara gedung-gedung tinggi. Tak jauh dari masjid terdapat sebuah katedral dan sinagoge yang menunjukkan toleransi beragama warga Karakas.

Lokasi masjid begitu strategis dengan diimpit jalan raya dan dekat dengan jalur kereta. Tepatnya, masjid berada di ruas jalan arteri utama Karakas, Avenida Libertador. Bangunan masjid begitu megah dan dapat menampung hingga 3.500 jamaah. Area masjid pun sangat luas, yakni sekitar 5.000 meter persegi.

Di sekitarnya, banyak bangunan penting, seperti kantor perusahaan negara, museum, gedung teater, hingga kebun raya, dengan berdirinya Masjid terbesar di Venezuella ini, mengingatkan masyarakat Muslim di sana untuk melaksanakan ibadah Shalat lima waktu.

 

Baca juga:

Bisa Tampung 60 Ribu Jamaah, Pemerintah Turki Akan Resmikan Masjid Terbesar 


Mantan Presiden Venezuela, Carlos Andres Perez, mengatakan masjid tidak hanya mewakili kebebasan beragama kami, tapi juga mewakili hubungan yang sangat baik antara Venezuela dan Arab Saudi.

“Masjid ini mewakili adanya kebebasan beragama di Venezuela, selain itu, dengan berdirinya juga masjid di wilayah ini, menandakan adanya jalinan komunikasi baik antar sesama,” ungkap Mantan Presiden Carlos Andres di lansir beautifullmosque.com.

Untuk diketahui, masjid dibangun sejak 1989 hingga 1993. Sang pendiri, Sheikh Ibrahim bin Abdul Aziz, berasal dari Arab Saudi. Sebagai sesama negeri penghasil minyak, hubungan Venezuela dan Arab Saudi memang cukup baik. (hmz/beautifullmosque)

 

Baca juga:

Perkuat Dakwah Islam, Pemkot Gorontalo Bangun Islamic Center

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store