:
:
News
Dompet Dhuafa Resmikan Rumah Relawan Bumi Pancar Harapan

gomuslim.co.id - Tokoh pers senior, aktivis sosial serta Pendiri Dompet Dhuafa, Parni Hadi meresmikan Rumah Relawan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan, Selasa (19/2/2019). Bangunan rumah ini berlokasi di kawasan Bumi Pancar Harapan, Jalan Durian, Rangkapan Jaya Baru, Depok.

Rencananya bangunan tersebut akan digunakan untuk tiga organisasi relawan sekaligus, yaitu Ikatan Relawan Sosial Indonesia (IRSI), Pos Sehat Relawan Dompet Dhuafa, dan Gerakan Relawan Lansia Indonesia (Gerli).

"Alhamdulillah Allah memberikan rezeki kepada saya untuk membangun rumah ini. Saya berharap Rumah Relawan ini membawa banyak manfaat. Masyarakat sekitar akan merasakan sehat dan bahagia secara bersamaan. Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk bermain, berolahraga, berkebun, dan berkesenian, mulai dari anak-anak hingga lansia," ujar Parni Hadi.

Pos Sehat Dompet Dhuafa yang sudah diresmikan di beberapa tempat memberdayakan kader-kader warga setempat sebagai pemberi pelayanan. Sebelumnya mereka diberikan training untuk memberikan pelayanan.

“Dari bentuk konstruksi dan fungsinya, rumah ini sebagai Ruhat (rumah sehat). Sehat berarti sederhana, efisien, harmonis, asri, dan ekonomis. Diharapkan rumah ini bisa menjadi model bagi keluarga sederhana yang ingin membangun rumah,” ungkapnya.

Kedepannya, sejumlah program siap digulirkan di Rumah Relawan. Pos Sehat akan mendatangkan dokter dua kali dalam sepekan untuk melayani masyarakat sekitar yang membutuhkan layanan kesehatan secara gratis. Warga juga akan rutin mendapatkan penyuluhan gaya hidup sehat dari tim relawan Dompet Dhuafa.

 

Baca juga:

Gandeng Jamkrindo Syariah, Dompet Dhuafa Hadirkan Beasiswa Pendidikan Siswa Yatim

 

Selain itu, Rumah Relawan juga akan membuka kursus singkat untuk masyarakat yang ingin menjadi tukang bangunan. Keberadaan Rumah Relawan ini melengkapi aktivitas masyarakat Rangkapan Jaya Baru Depok yang sudah berjalan selama ini.

Sebelumnya, Bumi Pancar Harapan milik Parni Hadi juga kerap dimanfaatkan warga untuk kegiatan sosial kemasyarakat, mulai dari event olahraga, hingga hari besar nasional dan keagamaan.

Berdasarkan Data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), jumlah penduduk Indonesia pada 2018 mencapai 265 juta jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 133,17 juta jiwa laki-laki dan 131,88 juta jiwa perempuan.

Penduduk usia kerja lansia ada sebanyak 22,79 juta orang dan angkatan kerja lansia 10,96 juta orang. Penduduk lansia yang bekerja sebanyak 10,79 juta orang dan penganggur terbuka lansia sebanyak 165.702 orang. (njs/dd)

 

Baca juga:

Gandeng Dompet Dhuafa, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Yarsi Kelola Zakat Karyawan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store