:
:
News
Museum Lhokseumawe Terbengkalai, Warga Minta Pemkot Segera Buka untuk Umum

gomuslim.co.id - Sejak selesai dibangun tahun 2015, hingga kini museum Kota Lhokseumawe di pusat kota depan Islamic Center, Kota Lhokseumawe, Aceh belum pernah difungsikan.

Karena itu, Warga Kota Lhokseumawe mendesak pemerintah kota mengaktifkan Museum Kota Lhokseumawe tersebut. Dana pembangunan museum sebesar Rp 1,8 miliar dengan sumber dana alokasi khusus. Salah seorang, warga Kota Lhokseumawe, Sirajul Munir menyebut letak museum itu strategis untuk dikunjungi masyarakat. Apalagi, sambungnya, Lhokseumawe kekurangan sarana untuk mengedukasi anak.

 

Baca juga:

Citilink Layani Rute Lhokseumawe-Medan Gantikan Garuda Indonesia

 

“Kalau ada museum, hari libur bisa jadi ramai anak-anak yang bisa berkunjung. Ini sejak dibangun sampai sekarang tak pernah dibuka. Harusnya, museum itu jadi perioritas utama pemerintah, ada museum itu tanda kota maju dan berperadaban,” ujar dia.

Contohnya yang tampak terlihat dari halaman museum yang dipenuhi rumput. Satu bangunan utama berbentuk rumah tradisional Aceh terkunci. Di sisi kanan dan kiri terdapat krong (tempat penyimpan padi) dan lesung penumbuk padi. Bagian dalam museum tak bisa dilihat dari luar. Sampah sisa makanan dan dedaunan terlihat berserakan.

Sementara itu, Kepala Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Lhokseumawe, Nasruddin tidak menjelaskan kapan museum itu dibuka untuk umum. (nat/kompas/dbs/foto:orbitdigital)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store