:
:
News
ACT Atasi Krisi Air di Daerah Terpencil ini

gomuslim.co.id – Masyarakat terpencil di Parit Bekang, Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, sudah lama mengalami masalah besar terkait ketersediaan sumber air bersih. Aksi Cepat Tanggap (ACT) provinsi Riau dan Global Wakaf, mengatasi krisis air bersih yang terjadi di wilayah tersebut.

Humas ACT Riau, Wahyu Fitria Suyanda, mengatakan, Global Wakaf bersama ACT membangun sumur tanah sedalam 90 meter yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan air bersih dan air minum masyarakat.

“Selama ini sumber air yang ada hanya bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. Sementara untuk keperluan memasak masyarakat membeli air minum. Tapi Alhamdulillah, pembangunan sumur tanah telah selesai dilakukan, dan sekarang masyarakat dapat menikmati sumber air bersih,” ujar Wahyu.

Ia menyatakan, selain membangun sumber air bersih, ACT dan Global Wakaf melalui program Sumur Wakaf juga turut membangun sarana masjid seperti tempat wudhu serta MCK.

 

Baca juga:

Warga Sumbar Mulai Rasakan Manfaat Sumur Wakaf ACT


Ia berharap, semoga upaya yang dilakukan ACT bersama dengan Global Wakaf dapat membantu memecahkan permasalahan air bersih, sehingga masyarakat dapat jauh lebih menghemat.

“Keadaan masyarakat di Parit Bekang berbeda jauh dengan di Teluk Dalam pada umumnya. Mereka mengandalkan hasil kelapa untuk mencukupi kebutuhan hidup, tapi sayang harga kelapa jatuh terlalu murah. Semoga dengan kondisi sekarang, uang yang biasa digunakan untuk membeli air, bisa dialihkan untuk keperluan lainnya yang lebih penting,” ungkapnya.

Sebagai informasi, selain Parit Bekang, Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, ACT dan Global Wakaf juga telah membangun sumber air bersih di 12 kecamatan di Provinsi Riau. Wahyu mengatakan, pembangunan tersebut difokuskan di daerah terpencil dengan mayoritas tingkat ekonomi masyarakat lemah dan di wilayah pesisir, seperti Rokan Hilir, Meranti, dan Pelalawan.

 Ia berharap, donasi masyarakat melalui Global Wakaf ACT untuk dapat membantu meringankan beban warga yang membutuhkan uluran tangan. (hmz/act/foto:act)

 

Baca juga:

Sumur Wakaf ACT Tangani Kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul

Responsive image
Other Article
Responsive image