:
:
News
Musim Puncak Ibadah Umrah, Bandara Jeddah Penuh Sesak

gomuslim.co.id - Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah, Arab Saudi, penuh sesak dengan jamaah umrah dari berbagai negara. Akibatnya, jamaah umrah  menghabiskan cukup banyak waktu di ruang tunggu sebelum naik ke pesawat. Dilansir dari Ihramco, Direktur Jenderal Bandara Internasional King Abdulaziz, Essam Fuad Anwar mengatakan, saat ini lalu lintas udara cukup padat, salah satunya karena ibadah umrah.

“Kali ini setiap tahun, ruang tunggu menjadi penuh sesak dengan jamaah umrah, karena ini adalah musim puncak ketika jumlah pengunjung meningkat dan jumlah penerbangan dari dan ke KAIA meningkat secara drasis,” kata Anwar, Kamis (7/2/2019).

 

Baca juga:

PATUHI: VFS Tasheel Jadi Titik Kegaduhan Calon Jemaah Umrah Indonesia

 

Manajemen bandara tengah mengupayakan meningkatkan layanan dan fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan keamanan jamaah umrah. Manajemen menempatkan lebih banyak petugas dan peralatan pendukung di ruang tunggu kedatangan dan keberangkatan. Hal itu bertujuan mempercepat pemrosesan dokumen perjalanan.

Anwar mengatakan, manajemen bandara dan otoritas pemerintah bekerja sama menyelesaikan formalitas secepat mungkin. Dengan demikian, hal itu bisa mengurangi kerumunan penumpang yang menunggu di ruang tunggu bandara.

Saat ini KAIA mengoperasikan penerbangan tiga kali lipat dari kapasitasnya. Pada Selasa (5/2) pagi, sebanyak 113 penerbangan lepas landas dari KAIA. Penerbangan itu mengangkut sekitar 20 ribu penumpang. Sementara jumlah total penumpang yang ditangani oleh semua terminal KAIA mencapai 100 ribu. KAIA menerima hingga 100 ribu penumpang per hari. (nvi/dbs/ihram)

 

Baca juga:

Grab Berangkatkan 60 Mitra Tunaikan Ibadah Umrah

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store