:
:
News
Jurnalis Alumni Gontor Gelar Seminar Literasi Santri di UNIDA

gomuslim.co.id - Jurnalis Alumni Gontor (JAGO) mengadakan Seminar Literasi Santri di Aula Universitas Darussalam Gontor, Jum’at (01/01/2019). Acara yang dihadiri ratusan santri dan mahasiswa ini dihelat untuk mengenang salah satu tokoh yang berjasa dalam mengembangkan literasi santri di Pondok Modern Darussalam Gontor, yakni Alm. Ust. Nasrullah Zarkasyi.

“Sebenarnya acara ini diadakan untuk mengenang salah satu guru kita, sosok yang berjasa dalam mengembangkan literasi di Gontor, yakni Almarhum Ustad Nasrullah Zarkasyi,” ucap Husein Sanusi selaku ketua seminar.

 

Baca juga:

Unida Gontor Jalin Kerjasama dengan Dua Universitas di Rusia


Para Alumni Gontor yang tergabung dalam JAGO mengaku merasa terpukul dengan kepergian sang tokoh literasi yang telah mendidik mereka selama belajar di Gontor.

 “Kami merasa sangat kehilangan beliau dan kami merasa perlu mengadakan seminar ini untuk mengenang jasa-jasa beliau,” lanjut Husein.

Dalam kesempatan ini juga diluncurkan karya terakhir almarhum yang berupa catatan-catatan yang ditulis almarhum mengenai sejarah panjang Pondok Modern Gontor.

“Buku ini berisi catatan-catatan almarhum mengenai Pondok Modern Gontor dan rencananya akan dilaunching dengan almarhum pada pertengahan februari. Namun, sayangnya beliau telah dipanggil oleh Allah SWT terlebih dahulu,” tukas Husein Sanusi.

Untuk diketahui, kini PP Daraussalam Gontor telah menjadikan tulis-menulis sebagai budaya santri, yang dengannya terbuka kesadaran diri dan sosial. Kurikulum pengajaran PP Darussalam Gontor yang sangat mendukung literasi. Selain karya lokal, juga menyuguhkan sekian rujukan kaliber dunia kepada santrinya. Sebut saja karya Syeikh Salih al-Fauzani untuk materi TauhidBulughul Maram karya Ibnu Hajar untuk hadis, Bidayah al-Mujtahid untuk fiqih, serta syair-syair tokoh besar seperti Imam as-Syafi’i, al-Mutanabbi dsb untuk sastra dan Mahfudzot (adagium Arab). Belum lagi ditambah dengan agenda membaca Kutub Turats untuk siswa KMI kelas 5 dan 6. (nvi/dbs/tribunnews)

 

Baca juga:

Sambangi Pondok Pesantren Gontor, Tujuh Bule Ini Belajar Islam dan Budaya Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store