:
:
News
Ini Target Bank Syariah Mandiri Terkait Penjualan Sukuk Tabungan Seri ST003

gomuslim.co.id – PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah sebagai mitra distribusi penjualan Sukuk Tabungan Seri ST003 Tahun 2019. Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk ini menargetkan penjualan ST003 hingga Rp 300 miliar.

SEVP Distribution Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan minimun pembelian sukuk ini sebesar Rp 1 juta, dan maksimal Rp 3 miliar. "Ya, target kami bisa menjual Rp 200 miliar hingga Rp 300 miliar,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Pemesanan dan transaksi ST003 dilakukan secara online melalui sistem e-SBN Kementerian Keuangan. Nasabah dapat melakukan pemesanan ST003 melalui layanan Mandiri Syariah Netbanking. “Sistem kami terhubung dengan e-SBSN Kementerian Keuangan,” katanya.

Dari tiga seri Sukuk Mandiri Syariah sejatinya telah mulai menjual sejak seri pertama. Namun, pada seri kedua, perseroan tak termasuk jadi mitra distribusi

Penawaran (book building) ST003 berlangsung pada 1 Februari -20 Februari 2019 mendatang. Produk investasi ini memiliki tenor dua tahun yakni mulai 27 Februari 2019 sampai 10 Februari 2021. Produk ini dapat dimiliki hanya dengan Rp1 juta per unit. Kupon ST003 akan disampaikan Pemerintah sebelum Masa Penawaran.

Anton menambahkan, sebelum melakukan pemesanan, nasabah harus memiliki Single Investor Identity (SID) dan Sub Rekening Efek (SRE). Nasabah dapat membuat SID dan SRE tersebut melalui Netbanking. Kemudian SID dan SRE nasabah akan diinformasikan melalui email. Setelah itu nasabah dapat melakukan pemesanan lebih lanjut melalui Netbanking.

Ia menjelaskan ST003 merupakan instrumen keuangan potensial bagi masyarakat karena diterbitkan oleh pemerintah. Bagi Bank produk ini menjadi gerbang untuk menarik nasabah baru serta menjadi diversifikasi produk kepada nasabah eksisting.

 

Baca juga:

Mandiri Syariah Targetkan GPN Capai 80 persen Hingga Akhir 2019

 

Mandiri Syariah pernah menjadi mitra distribusi penjualan ST001 dengan nilai penjualan sekitar Rp150 miliar. Sementara untuk Sukuk Ritel, Mandiri Syariah selalu berpartisipasi sebagai agen penjual.“Kami berharap dapat membantu mendistribusikan ST003 kepada nasabah sebanyak mungkin, karena booking dilakukan sendiri oleh nasabah,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Group Head Retail Deposit Group Mandiri Syariah, Ivan Baruna menuturkan, untuk seri ST001, Mandiri Syariah berhasil mencetak nilai penjualan hingga Rp 156 miliar. Namun, penjualan surat utang syariah yang diterbitkan negara ini sejatinya tak serta merta menggerus likuiditas perbankan akibat berebut dana pihak ketiga (DPK).

Lewat penjualan ini, Mandiri Syariah juga berharap adanya peningkatan DPK. "Kami upayakan untuk in line, jadi untuk calon investor baru, akan diarahkan juga untuk membuka rekening Mandiri Syariah," harapnya.

Penunjukkan Mandiri Syariah sebagai Mitra Distribusi Sukuk Tabungan semakin meningkatkan corporate image Mandiri Syariah sebagai bank syariah terbesar yang mendukung dan berperan serta dalam program Pemerintah khususnya industri keuangan syariah.

Untuk diketahui, ST003 adalah Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dalam bentuk tabungan investasi yang ditawarkan pemerintah kepada Warga Negara Indonesia perorangan yang mudah, aman, dan terjangkau. (njs/mysharing/kontan)

 

Baca juga:

Berhadiah Umrah, Bank Syariah Mandiri Gelar Promo Berkah Emas Tahap II

Responsive image
Other Article
Responsive image