:
:
News
LazisMu Kelola Dana Wakaf Senilai 10.000 Dolar untuk Pembangunan Masjid

gomuslim.co.id – Lembaga Amal Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (LazisMu) bekerjasama dengan PDM Jakarta Timur, mengelola dana wakaf dari seorang wakif dengan membangun Masjid Al Anwar dilingkungan SD Muhammadiyah 11, jalan Tanjung Lengkong No.4 RT.15 RW.7 Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan dengan peletakan batu pertama. Turut mengundang beberapa unsur Pimpinan Persyarikatan, seperti PP Muhammadiyah, LazisMu Pusat, PWM DKI Jakarta, PDM Jakarta Timur, LazisMu Jakarta Timur, Lurah Bidara Cina dan jajarannya, serta Masyarakat sekitar.

Peletakan Batu Pertama Oleh Anwar Supriyadi

Nama Masjid Al-Anwar diambil dari seorang wakif yaitu Anwar Supriyadi yang telah mewakafkan hartanya senilai 10.000 USD atau jika dirupiahkan menurut in.coinmill.com, nilainya sekira 1 miliar rupiah. Ia berharap keberadaan masjid dijadikan sebagai tempat beribadah warga Bidara Cina dan juga dapat dijadikan sebagai pusat dakwah.

“Semoga Masjid ini menjadi pusat lembaga dakwah, saya juga berharap akses menuju masjid dapat diperluas karena menurut informasi, Gubernur Jakarta akan memperluas jalan Utama sehingga masjid ini akan berada di pinggir jalan pusat Jakarta Timur,” harap Anwar, kamis (31/1/2019)

Sementara itu, Ketua LazisMu Pusat, Hilman Latief, menyatakan rasa syukur atas program pembangunan masjid yang tersalurkan kepada masyarakat padat penduduk di wilayah Bidara Cina. Ia berharap, berdirinya masjid menjadi tempat ladang ibadah masyarakat dan dapat di jadikan sebagai tempat belajar anak-anak yang berada di lingkungan tersebut.

 

Baca juga:

Harus Tempuh Jarak Berkilo Meter, Lazismu Bangun Masjid untuk Permudah Warga Landak Kalbar Beribadah


“Masjid ini diwilayah padat penduduk, berada dipinggir kali ciliwung. Banyak masyarakat yang mungkin malas ke masjid karena jarak yang cukup jauh, tapi saat ini kami coba realisasikan kebutuhan masyarakat dengan membangun masjid, selain itu, masjid bisa di jadikan sebagai tempat ngajinya anak-anak, atau bisa dijadikan sebagai TPA, kami berharap Masjid ini dapat digunakan dengan baik,” ungkap Hilman kepada gomuslim.co.id.

Ia mengucapkan terimakasih kepada Anwar Supriyadi serta keluarga yang telah mewakafkan sebagian rizkinya untuk pembangunan masjid yang sudah menjadi program LazisMu. Doa Hilman kepada Anwar, selama Masjid digunakan oleh masyarakat, maka semakin berjalan pahala yang diterima oleh Anwan sebagai Wakif.

“Tiga amalan yang akan dibawa hingga akhirat. Pertama Doa Anak Soleh, kedua Amal Jariah, dan Ketiga Ilmu yang bermanfaat. Dan Insya ALLAH Pak Anwar membawa dari nomer kedua,” doa Hilman.

Kemudian, menurut Desvian Bandarsyah selaku Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur, membangun peradaban Islam yaitu dengan membangun Masjid, oleh karena itu, katanya, pembangunan masjid melalui program wakaf LazisMu sudah merupakan hal yang tepat. Ia berharap, pembangunan masjid ini dapat menjadi kontribusi bagi berkembangkan masyarakat sekitar untuk lebih baik lagi dari segi Ibadah.

“Ini menjadi penting karena masyarakat Bidara Cina ini terbilang kelompok masyarakat bawah dari segi pendidikan ilmu agamanya yaa, yang akses pendidikan agamanya masih perlu di bantu dengan penuh. Diharapkan LazisMu bisa menjalankan tugas-tugas dalam konteks SDM yang terkonsen kepada dakwah perserikatan,” ucap Desvian.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut merupakan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan masjid. Dan dalam acara di isi oleh beberapa kegiatan baik diantaranya adalah Nyanyian Kosidahan serta tarian dari beberapa wilayah oleh Anak-Anak TPA warga setempat, kemudian, di isi dengan pengobatan secara gratis yang diperuntukan kepada warga sekitar.

Pengobatan Gratis dari PMC LazisMu

Kepala Divisi Program LazisMu pusat, Syahrul Amsari mengatakan, pengobatan gratis merupakan bagian dari peletakan batu pertama pembangunan masjid. Menurutnya, pengobatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah dan asam urat.

“Selain pemeriksaan, para pasien dari lingkungan sekitar akan mendapatkan obat secara gratis. Pada hari ini target kami, penerima manfaat mencapai 150 orang dan jadwalnya mulai jam 9 sampai jam 12. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, masyarkaat pinggiran yang jarang melakukan pengobatan walau dengan kondisi sakit, sekarang dapat melakukan pengecekan kesehatan pada dirinya. Pengobatan ini bekerjasama PMC Lazismu,” ujar Syahrul.

Sementara itu, Danang warga Bidara Cina yang berprofesi sebagai Driver Ojek Online ini menyatakan dirinya sedang mengalami sakit demam dengan kondisi kepala yang pusing. Ia mengatakan, pengobatan gratis yang dilakukan oleh LazisMu sangat membantu masyarakat.

“Kita itu biasanya kalau sakit, menggunakan obat warung. Bukannya males, tapi sebagian kita kan memiliki peekonomian dibawah. Kalau ke puskesmas hanya ditanya sakitnya apa, tanpa dilakukan pemeriksaan secara mendetail. Dengan pengobatan gratis ini, saya bisa cek tensi, kolesterol, gula darah dan asam urat. Sudah gitu obatnya gratis lagi, alhamdulillah,” pungkas Danang. (hmz/foto:hmz)

 

Baca juga:

Gandeng Samudera Indonesia dan CSM Cargo, Lazismu Kirim Bantuan Logistik  untuk Warga Palu

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store