:
:
News
Pemimpin Muslim Ini Perjuangkan Siswi Muslimah Kenya Berhijab di Sekolah

gomuslim.co.id – Sejak beberapa tahun silam, Negara dibenua Afrika, Kenya  tidak berhenti melarang para siswi sekolah untuk menggunakan jilbabnya. Hal tersebut terjadi setelah pengadilan Mahkamah Agung di Kenya memutuskan melarang penggunaan jilbab di sekolah. Bahkan, pada tahun 2018 lalu, siswi Muslimah ditolak masuk sekolah karena mengenakan jilbab. Polemik jilbab masuk sekolah ini memicu perdebatan di kalangan masyarakat.

Karena itu, pada awal tahun 2019 ini, para pemimpin Muslim di kawasan pesisir kenya, terus berupaya penyerukan kepada Pemerintah untuk menerima penggunaan jilbab sebagai sedikit bagian dari seragam sekolah.

Para Pemimpin Muslim kawasan pesisir kenya menyatakan, masalah penggunaan jilbab ke sekolah yang berlarut-larut, dapat memicu masalah yang dinilai akan embuat perpecahan masyarakat karena anggapan ketidakadilan. Katanya, keputusan Mahkamah Agung Kenya, membuat pemimpin Muslim Kenya geram dan mengutuk keputusan MA tersebut.

Dewan tertinggi Muslim Kenya (Supkem), Sheriff Mundhar Khaitany, mengatakan, pihak-pihak yang terlibat harus duduk dan berbicara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ia meminta seluruh umat Islam di seluruh negeri untuk bersabar dan bersama menemukan solusinya.

 

Baca juga:

Muslim Minoritas Angola Perjuangkan Islam Jadi Agama yang Sah


“Ini adalah masalah Internasional, konsekuensinya sangat besar. Semua pihak yang terlibat harus berdialog dan menemukan solusi yang bertahan selamanya,” ujar Sheriff dilansir nation.co pada selasa (29/1/2019).

Ia meminta Pemerintah pusat Kenya, mengkaji ulang dan mempertimbangkan keputusan yang dinilai adanya ketidakadilan terhadap Masyarakat Muslim Kenya. Sheriff mendesak Pemerintah dan sekolah kembali duduk bersama dalam dialog konstruktif guna menemukan jalan penyelesaian secara damai di luar pengadilan.

Ia berharap, Muslim yang terbilang minoritas di wilayah Kenya, tidak menutup hak-hak muslim di tolak, melainkan seharusnya melalui konstitusi memberikan kebebasan agama manapun untuk beribadah, termasuk muslim yang menggunakan hijabnya. (hmz/nation/foto:arahcom)

 

Baca juga:

Pemerintah Australia Beri Perlindungan pada Warga Minoritas Muslim

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store