:
:
News
Masya Allah, Masjid di Irak Ini Ajak Jamaah Olahraga Setelah Shalat Subuh

gomuslim.co.id – Salah satu masjid di Kegubernuran Halabja yang berada di daerah otonomi Kurdistan, Irak, membiasakan jamaahnya untuk tidak meninggalkan masjid selepas Shalat Subuh berjamaah. Pasalnya, DKM Masjid tersebut mengajak seluruh jamaah untuk melakukan olah raga bersama di perkarangan masjid.

Tujuannya adalah utuk kebugaran tubuh para jamaah. Masjid tersebut menyediakan instruktur olah raga. Berbagai rutinitas pelatihan dilakukan setiap subuh yang di sesuaikan dengan kondisi para jamaah. Hal tersebut di lihat dari sang pelatih yang memberikan tips pelatihan untuk jamaah, yang juga dapat dilakukan dirumah.

Menurut salah satu peserta, Sarkwat Nuri, pelatihan itu bermanfaat bagi mereka yang berpartisipasi setelah shalat. Katanya, secara pribadi, latihan ini telah sedikit mengurasi rasa akibat penyakit yang sedang di dertanya.

“Dengan kondisi saya yang sedang tidak baik, pelatihan olah raga selepas subuh ini cukup membantu kebugaran badan saya,” kata Nuri yang dilansir  dari publikasi Kurdistan24, Jumat,  (25/1/2019).

 

Baca juga:

Keren! Masjid di Malaysia Terima Donasi Lewat Aplikasi Digital


Ia bersama para peserta berharap olahraga subuh ini akan terus dilakukan, berikut dengan istruktur yang siap memberikan pelatihan ba'da subuh.

Sementara itu, Instruktur Olahraga, Dara Mahmood mengatakan, Olahraga tersedia bagi siapa saja jamaah yang ingin mengikuti, terlepas dari usia atau tujuan kebugaran mereka masing-masing. Ia mengaku, olah raga yang dilakukan bada subuh tersebut, berlangsung selama 45 menit dua kali dalam seminggu.

Menurut Mahmood, metode pelatihan diberikan dengan berbeda, disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan para jamaah masing-masing. Imbuhnya, sesi olah raga ini dimulai dengan tahap pemanasan, kemudian aerobik dan di tutup dengan pendinginan.

“Usia jamaah yang ikut aerobik mulai 13 tahun sampai 75 tahun,” jelasnya.

Meskipun olahraga tersebut tidak selayaknya dilakukan di masjid-masjid wilayah Kurdistan, akan tetapi tujuan ide tersebut untuk membantu orang yang mengintegrasi olahraga dan kebugaran dalam kehidupan sehari-hari mereka. (hmz/kurdistan24/foto:kurdistan24)

 

Baca juga:

Athena Resmikan Masjid Baru pada Maret 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image