:
:
News
UGM Nilai NU dan Muhammadiyah Bawa Visi Misi Perdamaian Islam Indonesia

gomuslim.co.id – Universitas Gadjah Mada canangkan program nomine penghargaan nobel untuk organisasi Islam. Melalui Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian (PSKP) UGM, Muhammadiyah (MU) dan Nadhalatul Ulama (NU) di tunjuk sebagai organisasi Islam yang membawa visi misi perdamaian Indonesia.

Kepala PSKP UGM, Najib Azca mengatakan, Muhammadiyah dan NU adalah hasil riset yang dinilai secara konstektual  bahwa kedua organisasi tersebut adalah bentuk transisis terjadinya demokrasi. Selain itu, katanya, MU dan NU juga aktif dalam melakukan pembinaan perdamaian di ranah Nasional, Regional, maupun Internasional.

“PSKP UGM, sudah merencanakan untuk memberikan penghargaan berupa nomine nobel untuk kedua organisasi Islam tersebut karena tanpa MU dan NU, saya rasa proses demokrasi kita tidak akan berjalan dengan baik,” ungkap Najib.

Menurutnya, MU dan NU sudah mempersentasikan Islam ke ranah internasional di tengah krisis dan citra Islam yang di nilai tidak baik. Oleh karena itu, MU dan NU dilihat dengan gencar mempromosikan corak islam di Indonesia dengan metode kedamaian dan berkeadaban di mata Internasional.


Baca juga:

Ormas Muslim Kota Bekasi Deklarasikan Anti Berita Hoaks dan Anti Radikalisme


Najib menyatakan, apabila perencanaan pengajuan nobel itu disetujui  dan menjadi keputusan rektorat UGM, dokument pengajuan nomine itu tidak akan di deklarasikan karena mekanismenya yang memang tertutup.

“Jadi nanti dokumentnya hanya dikirim dan diajukan kepanitia nobel. Bahkan panitia nobel akan merahasiakan dokumen itu selama 25 tahun. Siapa yang terpilih memenangkan Nobel tahun ini dan apa alasannya, itu menjadi rahasia panitia nobel,” pungkasnya. (hmz/antara/foto:jic)



Baca juga:

Kunjungan ke Banyumas, Tokoh Islam dari Sembilan Negara Pelajari Program Keluarga Berencana

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store