:
:
News
Kemenag Canangkan Empat Program Keluarga Sakinah

gomuslim.co.id – Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat menyatakan lebih fokus terhadap program pelayanan keluarga Sakinah yang bertujuan untuk meminimalisir angka perceraian yang pada setiap tahunnya meninggkat di angka 70 persen.

Menurut Kasubdit Keluarga Sakinah, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Adib Mahrus mengatakan, program keluarga Sakinah akan lebih ditekankan kepada para calon Pengantin yang akan menikah dengan memberikan bimbingan Pra-Nikah.

“Program ini akan ada nantinya di setiap kantor urusan agama, bimbingan ini untuk meminimalisir angka perceraian. Ini adalah upaya transformaksi KUA ke arah yang lebih baik,” ungkap Adib Mahrus, Kamis (17/01/2019). 

Menurutnya, transformasi program keluarga sakinah yang di emban adalah merupakan bentuk pelaksanaan tugas sesuai UU nomer 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergritas antara penghulu dengan penyuluh untuk menghindari adanya dikotomi satu sama lain.

“Program Sakinah ini adalah kegiatan formalistik KUA kepada orientasi kebutuhan masyarakat, mendampingi, memberi bimbingan, advokasi, mediasi, dan konsultasi,” ujarnya.



Baca juga:

Kemenag RI Tunaikan Tunjangan InspassingGuru Non PNS


Adanya empat program unggulan yang akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota. diantaranya meliputi, Aman (administrasi manajemen KUA), Berkash (Belajar Rahasia Nikah atau Pra Nikah), Kompak (Konseling mediasi, pendampingan dan advokasi), dan Lestari (Layanan bersama Ketahanan Keluarga Republik Indonesia).

Ia berharap, KUA dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dimana KUA tidak hanya menikahkan antar pasangan, melainkan memiliki tanggungjawab besar untuk menjadikan pasangan tersebut menjadi keluarga yang Sakinah. Selain itu, KUA harus menjadi poros ketahanan setiap keluarga. Semua itu bisa rasakan setiap masyarakat apabila KUA dapat berperan aktif dengan menjalankan program yang di canangkan. (hmz/kemenag/dbs/foto:tribun)



Baca juga:

Kemenag Usulkan Biaya Haji 1440 H dengan Kurs Dolar

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store