:
:
News
Kemenag Usulkan Biaya Haji 1440 H dengan Kurs Dolar

gomuslim.co.id - Kementerian Agama akan mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1440H dengan kurs dollar. Menag menilai kurs dollar nilainya lebih objektif dibanding rupiah.

“Kita akan ajukan BPIH 1440 H pakai kurs dolar. Jika harus dirupiahkan, itu akan gunakan kurs saat musim haji tiba,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat rapat bersama jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) di ruang kerjanya, Kamis (17/01/2019).

 

Baca juga:

Dirjen Haji Kemenag Terima Hibah Aplikasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus

 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar fluktuatif, sehingga ketika BPIH ditetapkan akan terjadi ketidaksesuaian dalam pembayaran. Sebagai perbandingan Menag juga meminta jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk brainstorming dengan penyelenggara haji negara lain. “Lakukan survey ke negara lain, sebagai pembanding, semisal ke Malaysia, Turki, mereka bayar berapa tenda Arafah, katering, dan lain-lain,” tambah Menag.

Sesditjen PHU Ramadhan Harisman melaporkan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa kali rapat BPIH 1440 H dengan Panja DPR. Penetapan BPIH melalui banyak tahap, salah satunya Kunjungan kerja ke Saudi. Lalu aka nada rapat tertutup berkaitan dengan masalah ini. Penetapan BPIH diperkirakan pada bulan Februari 2019.

Hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ditjen PHU Maman Saepulloh, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Sri ilham Lubis, Kasi Penyiapan Transportasi Udara Subdirektorat Transportasi dan Perlindungan Jemaah Haji Reguler Ditjen PHU Edayanti. (nvi/dbs/kemenag/foto:nu)

 

Baca juga:

Ini Tiga Imbauan Penting Kemenag untuk Jemaah Haji Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image