:
:
News
Warung Nasi Pojok Halal Murah Kini Hadir di Vihara Jakarta Barat

gomuslim.co.id – Penggagas warung makan murah untuk kaum dhuafa, Jusuf Hamka kembali membuka warung nasi kuning podjok halal di Kim Tek Ie atau Vihara Dharma, Jalan Kemenangan III Petak Sembilan, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Senin (14/1/2019). Warung ini merupakan cabang kesembilan sejak didirikan pada 6 Februari 2018 lalu.

Seperti di cabang lainnya, warung ini menyediakan aneka macam lauk-pauk seperti tempe orek, ayam goreng, bakwan, dan peyek udang. Warga yang ingin menikmati makanan mewah dengan harga murah cukup merogoh kocek Rp 3.000 saja.

Di warung kali ini, Jusuf Hamka dibantu oleh para pengurus vihara sebagai penyokong dana. Pembeli yang berhak mendapat makan di warung ini adalah kaum dhuafa dan orang-orang berpenghasilan rendah.

"Ini konsep sama saja. Intinya kami ingin melihat mereka (kaum dhuafa) bersukacita. Kami tidak peduli etnis mana, mau pribumi atau tionghoa. Pun juga agamanya mau muslim atau non muslim tetap kami layani," ujarnya.

 

Baca juga:

Dapat Respon Positif dari Masyarakat, Podjok Halal Kembali Buka Gerai Baru

 

Ia menjelaskan, sebetulnya pengurus vihara telah melakukan sedekah dengan konsep yang serupa. Namun, kala itu digalakan hanya setiap bulan Ramadhan.

"Setiap bulan Ramadhan mereka (pengurus vihara) selalu menyiapkan makanan berbuka. Kemarin saya usul untuk membuka warung nasi kuning podjok halal. Alhamdulilah ditanggapi positif," katanya.

Ke depan, Jusuf akan mengaungkan gerakan nasi kuning lebih masiv lagi. Bahkan ia bercita-cita menularkan konsep nasi kuning ke seluruh Indonesia. Programnya pun sedang disusun bekerjasama dengan Menteri Sosial.

"Saya dan Menteri Sosial ingin menasionalisasi gerakan nasi kuning ini. Tapi masih rancangan. Sekarang kita mulai dari swasta dulu. Saya imbau pengusaha meniru kegiatan ini juga. Jangan biarkan pemerintah berjalan sendiri tetapi swasta harus bertanggung jawab dan peduli terhadap perut rakyat kita. Mari kita membantu meringankan kerjaan pemerintah, dan membantu mengurangi beban saudara-saudara kita," tandas dia. (njs/liputan6)

 

Baca juga:

'Podjok Halal' Resmikan Gerai Pertama di Sunter Jakarta Utara

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store