:
:
News
Ratusan Pemimpin Komunitas Muslim Kanada Bahas Hak-Hak Sipil Muslim 

gomuslim.co.id - Lebih dari 150 pemimpin komunitas Muslim bergabung dengan National Council of Canadian Muslims (NCCM)  atau Dewan Nasional Muslim Kanada untuk acara makan siang tahunan di Intercontinental Toronto Centre beberapa waktu lalu. Pada pertemuan tersebut, mereka membahas status hak-hak sipil Muslim Kanada.  

Setiap tahun, pertemuan ini memberikan jendela unik ke dalam isu-isu advokasi publik yang memengaruhi Muslim Kanada. Pertemuan ini juga memberikan ruang kepada para pemimpin untuk berkumpul bersama dan merefleksikan keberhasilan tahun lalu agar dapat bekerja sama di tahun mendatang.

Bertajuk 'Beyond the Headline: Elections, Populism & You', para peserta membahas tantangan populisme sayap kanan untuk komunitas Muslim ketika pendekatan pemilu federal 2019 - tahun yang pasti akan menjadi penting bagi komunitas Muslim Kanada.

Pertemuan ini dipimpin oleh Wakil Direktur NCCM Nadia Hasan yang memberikan tinjauan umum tentang isu-isu utama dan tren dan advokasi NCCM. Khususnya dalam mempromosikan kepentingan publik Muslim Kanada melalui keterlibatan akar rumput, membela kebebasan sipil, kebijakan publik dan banyak lagi.

Lingkungan Quebec

Anggota Dewan yang berpusat di NCCM Quebec, Stephen Brown kemudian membahas lingkungan sosial-politik yang sangat unik di Quebec. Tantangan yang dihadapi oleh Muslim Quebec dan apa yang akan dilakukan NCCM untuk memastikan Islamofobia dan diskriminasi tidak terkendali.

Acara makan siang itu juga menampilkan presentasi khusus oleh Mohamad Fakih, Presiden dan CEO Paramount Fine Foods, yang berbagi tentang dirinya dan keluarganya menjadi sasaran serangan verbal Islamofobia yang kejam di depan umum, dan bagaimana mereka melawan dan menang.

 

Baca juga:

Muslim Asal Kanada Ini Terpilih Jadi Ketua Firma Hukum Internasional

 

Fakih berbagi beberapa pelajaran dari perjuangannya. "Apa yang kami katakan kepada mereka ketika kami diam adalah 'terus melakukan apa yang Anda lakukan'. Keheningan kami tidak baik dalam kecaman terhadap kebencian dan kefanatikan," ujarnya seperti dilansir dari publikasi aboutislam, Senin (14/01/2019).

Para peserta kemudian diundang untuk menyelami topik pemilu dan populisme melalui wawancara langsung dengan wartawan Murtaza Hussain dari The Intercept yang berbasis di New York, yang dilakukan oleh Prof. Sulaimon Giwa dari Memorial University.

Kehormatan

Pada briefing tahun ini, NCCM memberikan penghormatan kepada dua individu yang memungkinkan perlindungan NCCM atas hak-hak dasar dan kebebasan. Relawan Terbaik Tahun Ini diberikan kepada Prof. Faisal Bhabha, Ketua Komite Kebijakan Keamanan Nasional NCCM, dan kepada Mihad Fahmy, Ketua Komite Hak Asasi Manusia NCCM.

“Kedua orang ini menginspirasi kami karena mereka telah mendedikasikan beberapa tahun untuk memberikan keterampilan mereka, dan hati mereka, untuk mencari keadilan bagi anggota komunitas kami,” kata NCCM. (njs/aboutislam)

 

Baca juga:

Dukung Pelatihan Dokter, Masjid di Kanada Sumbang 90.000 Dollar

Responsive image
Other Article
Responsive image