:
:
News
Lagi, Gempa 5.4 SR Guncang Sukabumi

gomuslim.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,4 skala richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa (8/1/2019).

Dilansir dari laman bmkg.co.id, gempa bumi terjadi pada pukul 16.54.47 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinatn7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Menurut BMKG,dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalam hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Austalia yang menyusup ke bawah lempeng eurasia.

 

Baca juga:

Gempa 5,6 SR Guncang Maluku Tenggara Barat, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami


Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault). Guncangan  ini dilaporkan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Sukabumi III MMI, Bandung II-III MMI, Pengandaran dan Lebak II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi tidak berpotensi Tsunami. Dan tepat pukul 17.07 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tulis bmkg.co.id. (hmz/bmkg/foto:bmkg)

 

Baca juga:

Gempa 6,3 SR Guncang Wilayah Jawa Timur dan Bali

Responsive image
Other Article
Responsive image