:
:
News
Konferensi Masjid Indonesia Syiarkan Gerakan Masjid Berdaya

gomuslim.co.id – Jaringan Masjid Titik Cahaya (JMTC) bertekad untuk terus mensyiarkan gerakan masjid berdaya dan mandiri di seluruh Indonesia. Hal tersebut terungkap dalam acara Konferensi Masjid Indonesia (KMI) yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Kegiatan KMI sendiri merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Kopdar Saudagar Nusantara 2018 yang digagas Serikat Saudagar Nusantara (SSN). Kegiatan ini akan berlangsung sampai Minggu, (23/12/2018).

Ketua Umum SSN, Rendy Saputra optimis gerakan masjid berdaya ini akan terwujud jika dikerjakan secara berjamaah. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar masjid berdaya, produktif, dan mandiri.

“Pertama, luruskan niat untuk memakmurkan masjid dan syiar agama Allah. Kedua, menyiapkan langkah organisasi dengan membangun DKM yang sehat. Ketiga, bangun infrastruktur. Jika membangun masjid dari nol, maka jangan pakai semua untuk tempat shalat, tetapi juga sediakan untuk aktivitas sosial kegiatan pengembangan ekonomi,” paparnya.

Selanjutnya, yang keempat, setelah masjid ada, baru masuk ke bagian penting yaitu penyelenggaraan ibadah. Disamping itu, menghadirkan pelayanan dan fasilitas yang ramah bagi jamaah sangat penting agar nyaman ketika beribadah di Masjid.

 

Baca juga:

DMI: Terdata Ada 800 Ribu Masjid di Indonesia

 

“Pendataan jamaah juga penting. Sampai mana Masjid menjangkau jamaahnya. Lalu alirkan dana yang didapat dari jamaah seperti infak zakat dan wakaf untuk kepentingan jamaah. Hadirkan layanan dari dana umat itu sekaligus berdayakan ekonomi masjid. Dengan begitu, nantinya tingkat kepercayaan jamaah akan meningkat,” sambungnya.

Setelah itu, kata dia, ketika masjid sudah mandiri, buat program untuk membantu masjid kecil yang manajemennya belum optimal. Bahkan kalau perlu bayar imamnya, belikan karpet dan fasilitas lainnya agar masjid kecil ini lebih baik.

“Kalau satu masjid bisa buat jaringan ke sembilan mesjid kecil, kita hanya butuh 100 ribu masjid berdaya untuk memberdayakan masjid-masjid lainnya. Gak ada lagi masjid sepi, gak punya imam atau karyawan. Tapi nanti akan hadir satu juta masjid berdaya. Bayangkan jika satu juta masjid berdaya, berapa banyak orang bisa terbantu ekonominya,” jelasnya.

Selain KMI, rangkaian kegiatan lainnya yaitu Kopdar Saudagar Nusantara pada Sabtu (22/12), Majelis Doa Saudagar Nusantara dan Hijrah Night. “Hari Minggu kita akan menghadirkan 3500 anak yatim dalam doa bersama SSN,” tutupnya. (njs) 

 

Baca juga:

Ini Data Sementara Masjid dan Mushalla di Aplikasi SIMAS

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store