:
:
News
Inilah Qari Indonesia yang Ikut MTQ Internasional Tunisia

gomuslim.co.id - Indonesia melalui Kementerian Agama secara resmi mengirimkan delegasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-16 yang diselenggarakan di Tunisia.

Adalah Muhammad Ridho Abdul Wahab, Qari dari Provinsi Jambi, satu satunya wakil dari Indonesia akan berkompetisi pada cabang Tilawah Dewasa. MTQ Internasional ke-16 Tunisia diselenggarakan oleh Kementerian Agama Tunisia selama 6 hari sejak tanggal 8 sd 13 Desember 2018.

Subhan Nur, official pendamping mengatakan MTQ Internasional Tunisia hanya memperlombakan dua cabang lomba yaitu Tilawah Dewasa dan Tahfizh 30 Juz beserta Tafsir Bahasa Arab.

MTQ Intenasional Tunisia sendiri diikuti oleh 22 negara dan dipusatkan di Masjid bersejarah yaitu Masjid Anas Bin Malik yang terletak 6 KM dari Ibu Kota Tunisia. Pada MTQ Internasional kali ini, peserta Indonesia mendapat giliran tampil No. 9 dengan membacakan Maqro No. 9 Q.S. Yunus Ayat 1 - 6.

Selain MTQ, pihak panitia membuat agenda kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Tunisia antara lain Masjid Uqbah bin Rofi di Kairawan dan Universitas Zaetunah. Rencananya MTQ akan ditutup pada Hari Kamis, 13 Desember 2018 yang direncanakan akan ditutup secara resmi oleh Presiden Tunisia.

Subhan Nur menyampaikan bahwa Penyelengaraan MTQ di Tunisia sangat sederhana, berbeda dengan penyelenggaraan MTQ di Indonesia yang sangat meriah. Meski demikian, para peserta MTQ dinilainya dapat mengikuti acara dengan penuh semangat serta memanfaatkan kesempatan tersebut untuk saling bertukar Ilmu mengenai seni baca Alquran.

“MTQ Internasional ke-16 kali ini sangat sederhana, tanpa ada publikasi ataupun umbul-umbul, sehingga MTQ sepi pengunjung. Namun di sisi lain, MTQ ini memiliki nilai positif yaitu adanya unsur Ta'aruf, pertukaran pengetahuan dan budaya di antara para peserta, khususnya pertukaran seputar “nagham” atau seni baca Alquran.

Pada MTQ Internasional ke-16 ini, peserta Indonesia Muh. Ridho Abdul Wahhab meraih peringkat ke 9 dari 22 negara peserta. Penampilan berhasil memukau para dewan hakim dan peserta. Namun sayang, meski penampilannya mengundang decak kagum, Ridho Abdul Wahab gagal menjadi yang terbaik karena kesalahan teknis semata.

"Penampilan ridho sangat baik dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari para dewan hakim dan peserta. Namun penampilan Ridho melebihi batas maksimun waktu yaitu 10 menit, sedangkan peraturan MTQ di Tunisia jika penampilan melebihi 10 menit maka semua penilaian dihanguskan. Peraturan tersebut tidak tertulis sehingga kami tidak tahu, dan ini pengalaman untuk MTQ selanjutnya,” ungkap Subhan Nur. (bimasislam/dbs)

Adapun urutan pemenang MTQ Internasional ke-16 di Tunisia sebagai berikut:

1. Abdul Jamil Buatat (Maroko)

2. Ali Tubhan (Turki)

M. Hassan wahiji (Iran)

3. Hasan ma'lul (Tunisia)

4. Abdullah A Hassan (Kuwait)

5. Abd Rahman Barakat (Mesir)

6. Basyir bin Usman (Tunisia)

7. Umar Kaif (Aljazair)

8. M. Sholeh Abd Aziz (Libia)

9. M. Ridho Abd Wahab (Indonesia)

 

Baca juga:

Medan Siap Buka MTQ Nasional ke-27

Responsive image
Other Article
Responsive image