:
:
News
Lewat Program Desa Berdaya Linduk, Dompet Dhuafa Banten Dorong Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

gomuslim.co.id - Indonesia dengan segala potensinya menyimpan berjuta kekayaan yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya apabila bisa dikelola secara maksimal. Pesisir utara Banten mempunyai komoditi Bandeng terkenal baik di tingkat loual maupun nasional dengan produk olahan sate bandengnya.

Atas dasar potensi besar itu, Dompet Dhuafa melelui cabang banten (Dompet Dhuafa Banten) menggagas sebuah program yang diberi nama DESA BERDAYA LINDUK di Kampung Linduk, Desa linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten.

Manajer Program Dompet Dhuafa Banten, Fita Berliana Akbar mengatakan pada pelaksanaanya, program ini disinergikan dengan beberapa pihak yang expert dibidangnya. “Kami bekerjasama dengan Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, ini menunjukan bahwa pendampingan yang kami lakukan terhadap penerima manfaat sangat serius,” ujarnya, Jumat (30/11/2018)

Dompet Dhuafa Banten fokus kepada budidaya ikan Bandeng dengan tujuan meningkatkan produksi ikan bandeng. Harapannya bisa berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi penerima manfaat yang diberdayakan dengan bantuan permodalan, pendampingan dan penyuluhan perikanan.

“Ini tidak hanya secara ekonomi melainkan penerima manfaat juga bisa meningkat taraf keilmuannya tentang budidaya ikan bandeng serta dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat sepanjang teluk Banten,” katanya.

 

Baca juga:

Resmi Dibuka, Jakarta Halal Things 2018 Hadirkan Pameran Produk Halal, Konferensi Islam, dan Music Charity

 

Desa Bedaya Linduk merupakan Sebuah program berbasis pengembangan sumber daya manusia. Caranya dengan meningkatkan ketrampilan atau skill penerima manfaat program dengan harapan dapat memberikan penghasilan atau menciptakan lapangan pekerjaan.

“Dengan Memberdayakan 9 penerima manfaat pemberdayaan budidaya ikan bandeng, Dompet Dhuafa banten dapat mendampingi penerima manfaat secara intens untuk meningkatkan penghasilannya, keilmuannya bahkan bisa beranjak dari mustahik menjadi muzzaki,” ungkapnya.

Setelah berjalan 7 bulan  program budidaya ikan bandeng oleh Dompet Dhuafa, para penerima manfaat yang mengelola tambak bandeng seluas 7 hektar sudah bisa memanen hasil budidaya bandengnya. Dengan panen perdana yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dapat mengurangi angka kemiskinan di daearah pesisir banten.

“Panen perdana bandeng ini menunjukan berkah luar biasa dari zakat yang ditunaikan oleh para muzzaki melalui Dompet Dhuafa Banten. Semoga program serupa maupun program-program pemberdayaan bisa terus bergulir dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat yang membutuhkan, agar kehidupan bisa meningkat, keilmuan naik derajat, bukti berkah dan manfaat zakat,” tutupnya. (njs/dd)

 

Baca juga:

Berdayakan Corps Dai, Dompet Dhuafa-RSUD Pasar Minggu Jalin Sinergi Terkait Bimbingan Rohani Pasien

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store