:
:
News
Menag Tanggapi Masukan KPK Soal Tinjau Ulang Kartu Nikah

gomuslim.co.id - Terkait usulan peninjauan ulang pengadaan kartu nikah. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku akan mengkaji masukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menag pun dengan besar hati menerima masukan KPK tersebut agar berhati-hati dalam kebijakan pengadaan kartu nikah.

"Tentu semuanya itu kita terima dengan jiwa besar sebagai masukan yang terus harus didalami dan kita kaji secara mendalam," ujar Menag Lukman, Senin (26/11/2018).

Hal ini dinilainya masukan KPK sebagai masukan yang baik terhadap kinerja dan program Kementerian Agama. “Masukan itu menunjukan kepedulian KPK dan masyarakat terhadap program Kemenag,” tambah dia.

Dengan adanya masukan, maka menunjukan betapa tingkat kepedulian masyarakat dan semua pihak terhadap program-program yang dilaksanakan Kemenag.

 

Baca juga:

Apa itu Kartu Nikah?

 

Adapun, pernyataan Lukman tersebut, lebih sedikit melunak dibandingkan dengan pernyataan sebelumnya yang justru mempertanyakan imbauan KPK.

“Etiskah sebuah instansi institusi negara, tidak hanya mengomentari, tapi menunjukkan ketidaksetujuannya terhadap program yang sedang gencar-gencarnya kita lakukan di Kementerian Agama (Kemenag),” ujar Lukman di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dia mempertanyakan, alasan KPK tersebut. Apakah KPK memiliki bukti indikasi kuat ihwal adanya korupsi dalam pengadaan kartu nikah? Menurut Lukman, jika memang ada, maka penegakan hukum itu adalah domain KPK.

Namun, dia mempertanyakan, apakah etis lembaga negara menunjukkan ketidaksetujuannya pada program pemerintah di hadapan publik?

“KPK itu kan tugas dan fungsinya memberantas korupsi. Lain soal kalau dalam hal pengadaan kartu nikah, dalam hal ihwal yang terkait dengan kartu nikah itu memang ada indikasi kuat adanya korupsi,” pungkasnya.

Namun, baru-baru ini Lukman menilai bahwa apa yang dikritisi KPK merupakan bentuk kepedulian lembaga negara dalam mengawal program-program kementerian agar dapat berjalan sesuai peruntukannya dan mencegah terjadinya tindakan korupsi. (nat/rep/dbs/foto:merdeka)

 

Baca juga:

Ini Sumber Dana yang Akan Digelontorkan untuk Kartu Nikah 2019

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store