:
:
News
Diresmikan Tahun Depan, Aljazair Miliki Masjid Terbesar ke-3 di Dunia

gomuslim.co.id- Aljazair akan memiliki masjid terbesar ketiga di dunia pada tahun depan. Masjid bernama Djamaa El Djazaïr yang dibangun sejak 2012 ini memasuki tahap akhir pembangunan.

Berlokasi di ibu kota Aljazair, Algiers, Afrika Utara ikon Masjid ini menampilkan gaya arsitektur Andalusia abad pertengahan Islam yang terkait erat dengan sejarah Aljazair dicampur dengan arsitektur modern. Menara masjid setinggi 265 meter dapat dilihat dari semua tempat di Aljazair. Bahkan, menara tersebut disebut yang tertinggi di dunia.

Di puncak menara, dan setelah naik 37 lantai, teluk Mediterania Algiers terlihat pemandangan yang menakjubkan. Di sisi selatan, dataran Mitidja yang subur tampak puluhan kilometer dengan pemandangan pegunungan megah dari Blida Atlas.

China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) adalah kontraktor utama yang mengerjakan mega proyek ini dengan lima perusahaan lain dari Jerman, Perancis, dan Aljazair pada 2019.

Sekitar 2.300 pekerja yang terdiri dari insinyur, dan manajer konstruksi bekerja 24 jam agar proyek selasai tepat waktu di tengah kerumitan dan banyak pemangku kepentingannya.

 

Baca juga:

Selain Hari Jumat, Warga Muslim dari Luar India Dilarang Berdoa di Masjid Taj Mahal

 

Setelah selesai, Djamaa el Djazaïr akan menjadi yang terbesar di Afrika dan terbesar ketiga di dunia, setelah Masjid al-Haram di Mekkah dan Masjid al-Nabawi di Madinah, keduanya di Arab Saudi.

Pada ruangan utama untuk ibadah, masjid ini akan diterangi oleh cahaya siang hari melalui sistem reflektor yang dipasang di antara bagian dalam dan luar kubah. Sementara itu, sistem drainase air hujan juga terintegrasi untuk mengumpulkan air hujan dalam tangki besar. Air tersebut akan digunakan untuk kebun yang menghiasi masjid .

Selain itu, masjid ini juga mencakup beberapa bangunan independen lebih dari 20 hektar, dengan luas built-up lebih dari 400.000 m 2.

Di sekitar masjid, nantinya akan dilengkapi dengan ruang konferensi, museum untuk seni dan sejarah Islam, pusat penelitian tentang sejarah Aljazair, pusat Alqur'an House, bangunan komersial, restoran, perpustakaan, amfiteater, plaza, sebuah parkir bawah tanah dengan kapasitas 7.000 mobil, dan bangunan lain yang didedikasikan untuk keamanan dan pemeliharaan gedung dan penghuninya. (njs/aboutislam)

 

Baca juga:

Usung Tiga Fungsi Ekologis, Jawa Barat Segera Miliki Masjid Al Jabbar

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store