:
:
News
Muslim Travelers, Kini Hadir Panduan Halal Food Berbahasa Indonesia dan Inggris di Korea Selatan

gomuslim.co.id – Baru-baru ini, demi menggaet wisatawan muslim asal Indonesia, Korea Selatan (Korsel) melalui Halal Committee Korean Muslim Federation (KMF), terbitkan buku panduan makanan halal dengan dwibahasa; Inggris dan Indonesia.

Tidak hanya itu, di setiap street food dan distrik di Kota Seoul, juga ada banyak restoran dengan menu makanan halal. Salah satunya di Subway Yongsan-gu Itaewon-ro, Yongsan-gu Usadan-ro, di Kota Soul. Demikian dikatakan oleh Irfan Syauqi Beik, dari Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM), IPB, saat memenuhi undangan Halal Committee Korean Muslim Federation (KMF), Senin (19/11/18).

 Lebih lanjut Irfan, menjelaskan, apa yang diupayakan oleh pemerintah kota Seoul sangat membantu bagi para wisatawan  asal Indonesia yang datang ke Korsel, bahkan sejak mereka baru sampai di bandara dan keimigrasiaan.

Ketika baru sampai bandara atau subway misalnya, ada petugas Tourist Information Centre , yang sigap dan menyediakan layanan informasi, termasuk buku petunjuk untuk mendapatkan makanan halal (food halal), lengkap dengan nam-nama restoran, nama makanan, alamat restoran, dan cara untuk sampai ke restoran halal yang dimaksud di seantero Seoul.

“Bahkan, ketika saya mengatakan berasal dari Indonesia di bagian keimigrasian, komentarnya langsung memerintahkan saya dengan menggunakan bahasa Indonesia untuk meletakkan fringer print, dan memerintahkan menghadap ke kamera dengan mengunakan bahasa Indonesia,”ujarnya.

Menurutnya, ini menandakan sebuah terobosan baru dalam membidik pasar wisata halal dengan segmentasi yang sangat jelas dan fokus, membidik wisatawan halal asal Indonesia. Ini juga sekaligus sebagai edukasi wisata halal di Korsel yang sangat baik. Lebih dari itu bisa menunjukkan keseriusan pemerintah Korsel dalam membidik pasar halal, khususnya makanan dan kosmetik.

Meskipun penduduk muslim di Korsel termasuk minoritas atau hanya sekitar 100 ribuan dari sekitar 50 juta populasi penduduknya, kata Irfan, namun mereka menyadari potensi besar pasar makanan, kosmetik halal, dan wisatawan muslim dari negara-negara muslim di Asia Tenggara, khususnya Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

 

Baca juga:

Pemerintah Seoul Siapkan 200 Juta Won untuk Perbanyak Mushala di Kawasan Wisata

 

Menurut Irfan seperti dituturkan oleh Ahmad Cho, Presiden Halal Committee Korean Muslim Federation, pemerintah Kosel memang memiliki kepedulian tinggi terhadap wisatawan asal Indonesia. Pemerintah Korsel melihat peluang pasar wisatawan muslim dari Indonesia, sehingga menyiapkan buku panduan atau petunjuk makanan halal berbahasa Indonesia.

Lengkap dengan keterangan nama-nama restoran yang secara resmi telah mendapatkan sertifikasi dan label halal dari  Halal Committee Korean Muslim Federation (KMF) maupun restoran-restoran yang mengklaim sebagai restoran halal, namun belum mendapatkan sertifikasi halal resmi dari lembaga sertifikasi halal setempat (self-claim).

Untuk diketahui, jumlah pengunjung Muslim ke Korea naik pesat, sejak 2014 lalu. Data dari Korea Tourism Organization (KTO) menunjukan, jumlah pengunjung dari Asia Tenggara dan Timur Tengah mencapai 985.858 pada tahun 2016, meningkat 33 persen dari 740.861 pengunjung pada tahun 2015.

Badan pariwisata melihat pengaruh hallyu (k-wave) dan K-pop memainkan peran besar dalam menarik turis Muslim ke Korea. Korea Selatan sendiri merupakan salah satu destinasi di kawasan Asia yang cukup banyak dikunjungi wisatawan, khususnya kaum muslim.

Keberadaan mushola di sana sejauh ini hanya 78 fasilitas yang tersebar di setiap daerah di Korea Selatan. Ruang shalat ini rata-rata hanya ditemukan di sekitar rumah sakit dan kampus saja.

Sebagian wisatawan Muslim, banyak yang berbelanja di Pasar Myeong-dong dan Dongdaemun. Tapi sayangnya, di sana masih sedikit ketersediaan mushala, sehingga, banyak yang mengeluhkan karena sulitnya untuk melaksanakan shalat. (fau/kmf/dbs/foto: explorekorea)

 

Baca juga:

Korea Selatan Sediakan Kantin Halal untuk Atlet Muslim di Olimpiade Pyeongchongan 2018

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store