:
:
News
Stop Gadget, TV, dan Game Online! Ini Isi Surat Edaran Bupati Pasuruan

gomuslim.co.id - Maraknya kebiasaan anak-anak main game online membuat keresahan bagi orang tua. Karena itu, Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf mengeluarkan surat edaran imbauan kepada warga agar mematikan televisi, HP dan tidak main game mulai pukul 18.00-20.00 WIB, atau saat maghrib hingga isya.

Seluruh masyarakat diminta melaksanakan imbauan tersebut dalam rangka memberi kesempatan kepada anak melakukan kegiatan belajar Alquran dan ilmu agama.

Surat edaran bernomor: 421.7/1936/HK/424.014/2018, ini diterbitkan untuk menyukseskan program “Wayahe Kumpul Bangun TPA dan Madin (Wak Moqidin) dan Program Rumahku Surgaku Pemkab Pasuruan.”

Kedua program ini diluncurkan untuk memperkuat pendidikan agama bagi anak-anak baik di TPQ, Madrasah Diniyah (Madin) maupun di rumah melalui orang tua di rumah.

"Anak adalah aset bangsa, aset daerah. Selain pendidikan formal di sekolah, pendidikan agama harus diperkuat. Salah satunya melalui Pesantren, TPQ, Madin, dan rumah-rumah. Pemkab Pasuruan sudah punya program Wajib Madin yang sudah berjalan sejak 4 tahun lalu. Itu akan diperkuat dengan program Wak Moqidin ini," tutur Bupati M Irsyad Yusuf, Senin (12/11/2018).

Dengan memperkuat pendidikan agama, diharapkan hal tersebut bisa mengurangi kenakalan remaja, terutama penyalagunaan narkoba. Karean itu, Pemkab Pasuruan meminta dukungan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

 

Baca juga:

Kurangi Dampak Pokemon Go, Mahasiswa IPB Rintis Game Online Syariah



"Pemkab membutuhkan dukungan dari semua pihak, ulama, pengasuh pesantren, guru Madin dan TPQ dan terutama orang tua. Pemkab tak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan masyarakat," sambungnya. 

Berbagai instansi mulai dari seluruh camat, kepala OPD, dinas pendidikan dan kantor Kemenag diimbau agar mensosialisasikan imbauan tersebut ke jajarannya. Para orang tua dan tokoh masyarakat juga diharapkan ikut mengawasi anak-anak di sekitarnya.

“Semua camat, sekolah dan madrasah memasang banner imbauan mematikan TV, HP dan berhenti main game mulai pukul 18.00-20.00 WIB,” pungkasnya. (nat/detik/dbs/foto:liputan6)

 

Baca juga:

Belajar dari Kartunet, Komunitas Blogger Tunanetra yang Optimis dengan Karya

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store