:
:
News
Pemkot Malang Buat Konsep Pasar Halal

gomuslim.co.id - Konsep pasar halal tengah disiapkan Kepala Dinas Perdagangan Wahyu Setianto. Konsep pasar halal belakangan sering didengungkan oleh Walikota Malang Sutiaji. Dalam pasar halal ini nantinya akan disediakan fasilitas penyembelihan hewan.

Para pembeli akan melihat langsung proses penyembelihan yang sesuai dengan peraturan agama Islam. Namun Wahyu juga mengatakan konsep pasar halal nanti bukan berarti ada larangan menjual barang haram bagi Muslim. Pedagang tetap bisa menjual seperti daging babi namun diberi papan pemberitahuan.

"Saya tanyakan ke beberapa sumber, pasar halal bukan berarti halal 100 persen. Kalau di pasar Oro-oro Dowo, kan ada yang jual daging babi, tapi di sana ada keterangannya," ujar Wahyu, Rabu (14/11/2018).

Dengan adanya konsep seperti itu, lanjut Wahyu, dipastikan barang yang dijual aman untuk dikonsumsi. Wahyu juga menegaskan kalau pasar halal akan menjadi andalan ke depannya.

"Jadi tidak ada lagi dia jual daging sapi tapi sebetulnya daging celeng," papar Wahyu.

Rencananya, Pasar Oro-oro Dowo menjadi role model terhadap pasar-pasar lainnya. Dalam waktu dekat, Pasar Klojen juga direncanakan menjadi pasar halal.

"Pasar Klojen dan Bunul, kita konsep seperti apasar oro-oro dowo. Di sana ada troli dan halal. Untuk menunjang kenyamanan pembeli di pasar rakyat, Pemkot Malang akan memberikan fasilitas penunjang," tegasnya.

Sementara itu, Walikota Malang Sutiaji mendorong terwujudnya Kota Malang sebagai tujuan wisata halal.

“Halal yang dimaksud tidak sekadar halalan tayiban, namun halal, aman dan sehat. Pasar Klojen yang tengah dibangun akan dikonsep menjadi pasar halal,” ujarnya. Namun Sutiaji belum menjelaskan detail seperti apa langkah teknisnya. (nat/suryamalang/dbs/foto:wisatalengkap)

 

Baca juga:

Ini Hotel dan Restoran Percontohan Wisata Halal di Kota Malang

 

 

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image