:
:
News
IHW: Dengan UU JPH, Indonesia Bisa Pimpin Industri Halal Dunia

gomuslim.co.id - Pengesahan Undang-Undang nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) sudah final. Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch Ikhsan Abdullah mengatakan selain sebagai bentuk perlindungan negara terhadap rakyatnya, UU JPH juga akan membawa Indonesia menjadi negara yang menerapkan sertifikasi halal sebagai sebuah kewajiban (mandatory).

“Ke depan, melalui UU No 33 tahun 2014 tentang JPH, akan membawa Indonesia memimpin industri halal dunia,” ujar Ikhsan, Kamis (01/11/2018).

Sambung Ikhsan, melalui UU JPH, Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam bidang perdagangan dan perekonomian. Dengan adanya acara Annual General Meeting World Halal Council yang diselenggarakan di Jakarta sejak Selasa (30/10/2018) lalu, Ikhsan berharap UU JPH mampu mendapatkan pengakuan secara Internasional. 

 

Baca juga:

Marak Produk Asing, Masyarakat Diimbau Beli Produk yang Sudah Bersertifikat Halal


“Melalui acara ini, UU JPH dan Sistem Jaminan Halal dapat lebih mudah dipahami dan diakui oleh negara-negara asing. Melalui UU JPH, pemerintah secara tidak langsung dapat membendung masuknya produk impor ke dalam negeri,” paparnya.

Dalam hal ini, UU JPH juga dapat menjadi instrumen yang menguatkan rupiah terhadap dolar, mengingat semakin menurunnya nilai tukar rupiah.

Dia juga menekankan bahwa jaminan kehalalan suatu produk adalah hak setiap masyarakat, khususnya masyarakat Muslim.

“Halal itu hak masyarakat dan itu jelas menjadi kewajiban dan tanggung jawab negara,” pungkasnya. (nat/dbs/foto:gomuslim)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store