:
:
News
Kemenag Masih Evaluasi Isi RUU Pesantren

gomuslim.co.id - Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi pondok pesantren (ponpes), hal ini dinilai Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Ahmad Zayadi bahwa RUU menitikberatkan pada penguatan regulasi dan eksistensi pesantren.

“RUU Pesantren dapat mengembalikan citra pesantren, bukan hanya semata-mata sebagai lembaga pendidikan, tapi juga lembaga keagamaan, dan sosial masyarkat. Kami berharap melalui UU Pesantren ini, regulasi pesantren dapat lebih baik lagi,” paparnya.

Menyusul banyaknya kritik terhadap RUU Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan, Zayadi menyebut akan ada diskusi lanjutan dengan DPR terkait hal tersebut. Dia juga mengatakan perubahan isi pasal masih sangat mungkin terjadi.

“Kami masih akan diskusikan dengan DPR dan masih menerima masukan dari berbagai pihak, terutama oleh organisasi keagamaan yang terkait dengan pendidikan keagamaan tersebut,” kata dia.

Sejauh ini Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin juga memastikan draf yang disusun Kemenag, pihaknya akan memperhatikan masukan dari masyarakat. Ia telah menerima banyak keluhan terkait isi RUU Pesantren dan Lembaga Pendidikan Keagamaan.

"Kemenag akan segera membuat rancangan persandingannya berdasarkan pertimbangan atas masukan dari masyarakat," ujar Menag dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (28/10/2018). (nat/kemenag/dbs/foto:republika)

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store