:
:
News
Warga Asli Meksiko Selatan Mulai Peluk Islam 

gomuslim.co.id - Perkembangan populasi muslim terus terjadi di sejumlah negara. Salah satunya di Meksiko. Di negara ini, masyarakat yang paling banyak memeluk Islam datang dari komunitas pribumi Tzotzil. Mereka berada di negara bagian Chiapas, Meksiko selatan. Anak-anak  disana pun telah dididik di bawah prinsip-prinsip Alquran. 

Ibrahim Chechev, seorang mualaf yang dilahirkan sebagai Anastasio Gomez mengatakan bahwa ia memeluk Islam bersama keluarganya. “Saya dilahirkan di Tzotzil kota Chamula. Beberapa tahun yang lalu, saya masuk Islam, serta orang tua, istri, dan anak-anak saya,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Aldia News, Rabu (24/10/2018).

Alasan dirinya mengkonversi keyakinan salah satunya adalah untuk menghindari diskriminasi dari masyarakat Chamula lokal, yang praktik keagamaannya merupakan campuran eklektik dari Katolik Spanyol tradisional dan berbagai macam ritual dan kepercayaan Maya kuno. Ia pindah ke daerah lain yang jaraknya sepuluh kilometer dari tempat kelahirannya.

 

Baca juga:

Populasi Muslim di Jepang Terus Bertambah

 

Chechev adalah salah satu dari sekitar 2.000 penduduk setempat yang telah masuk Islam di negara bagian Chiapas di mana umat Katolik, Protestan, Yahudi, dan berbagai agama lain hidup berdampingan dengan damai.

Menurut sensus terakhir dari National Institute of Statistics and Geography (INEGI), pada tahun 2010 ada 3.760 Muslim di negara itu, 110 di antaranya tinggal di Chiapas. Namun, data ini dianggap telah usang. Sedangkan, menurut beberapa kelompok Muslim, saat ini ada sekitar 12.000 penganut agama Islam di Meksiko. Tetapi angka-angka tersebut masih harus dikonfirmasi. (njs/aldianews/aboutislam)

 

Baca juga:

Para Ahli Prediksi Moskow Jadi Kota Muslim Terbesar di Dunia pada 2050

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store