:
:
News
LAZNAS Yatim Mandiri Gelar Olimpiade Matematika dan Alquran Pekan Ini

gomuslim.co.id- LAZNAS Yatim Mandiri siap menggelar Olimpiade Matematika dan Alquran (OMATIQ) 2018 di Perpustakaan Nasional RI pada Sabtu, (20/10/2018). Dengan peserta lebih dari 4000 anak yatim di seluruh Indonesia tiap tahunnya, OMATIQ menjadi olimpiade anak yatim terbesar di Indonesia.

GM Progam Pemberdayaan & Charity Yatim Mandiri, Hendy Nurrokhmansyah mengatakan kegiatan bertajuk ‘Membangun Peradaban Ilmu dengan Matematika dan Alquran’ ini merupakan bentuk nyata Yatim Mandiri dalam memandirikan yatim dan dhuafa. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan mutu program pemberdayaan pendidikan.

“OMATIQ merupakan ajang pembuktian prestasi anak-anak yatim yang selama ini dibina oleh Yatim Mandiri melalui program Sanggar Belajar Genius dan Duta Guru. Lewat program ini, lebih dari 4000 anak-anak yatim dhuafa dibimbing dalam hal pengembangan logika berfikir agar terbentuk kemandirian belajar dan cinta Alquran,” ujarnya dalam konferensi pers di Segoan Café, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

Ia menambahkan, kegiatan yang sudah terlaksana sejak tiga tahun ini sekaligus menjadi evaluasi pembinaan terhadap anak-anak. Pada babak Grand Final nanti, akan hadir 210 anak dari 44 kota di seluruh Indonesia untuk memperebutkan hadiah menarik.

“Para finalis OMATIQ ini sudah terseleksi dari 518 lokasi Yatim Mandiri di 12 provinsi. Sebelum babak final, semua peserta termasuk dari daerah akan ditempatkan di Asrama Haji Pondok Gede. Di sana juga sekaligus dilakukan babak penyisihan,” jelasnya.

 

Baca juga:

Kemenag Siap Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2018 di Depok Town Square


Pada kesempatan yang sama, General Manager Regional 3 Yatim Mandiri, Sugeng Riyadi menuturkan OMATIQ ini selalu mendapat antusias tinggi setiap tahunnya. Dukungan tidak hanya datang dari anak-anak dan masyarakat, tetapi juga beberapa pejabat daerah.   

“OMATIQ tahun ini tentu lebih besar dari sebelumnya, pesertanya lebih banyak dan hadiahnya pun lebih besar. Total hadiah 135 juta, ini belum termasuk fasilitas, akomodasi, pembinaan dan paket jalan-jalan di Ibukota khususnya bagi anak-anak dari daerah,” paparnya.

Selain itu, olimpiade akan dimeriahkan dengan menghadirkan Sabyan Gambus sebagai hiburan bagi peserta. OMATIQ 2018 rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kepercayaan diri anak yatim dhuafa dalam negeri. Kita juga berharap mereka tidak hanya mampu secara akademis, tapi juga memiliki harga diri dan kebanggaan sebagai bagian dari Yatim Mandiri. Mereka menjadi insan cerdas, santun dan tangguh,” ungkapnya.

Demi suksesnya acara ini, Yatim Mandiri menggandeng Kolam Ikan Creative Communication sebagai mitra yang juga memiliki kepedulian serupa terhadap anak yatim.

Untuk diketahui, Sanggar Belajar Genius dan Duta Guru sendiri sudah berjalan lebih dari 6 tahun. Program pembinaan dan pendampingan belajar anak yatim berbasis keluarga ini menggandeng ratusan relawan baik dari aktivis kampus, aktivis dakwah dan komunitas di masyarakat. (njs)

 

Baca juga:

Perkuat Gerakan Zakat Indonesia, Majelis Dewan Pengawas Syariah LAZNAS Resmi Dibentuk

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store