:
:
News
'Lapo Serba Halal', Bisnis Kuliner Chicco Jerikho Terbaru

gomuslim.co.id- Istilah ‘Lapo’ seringkali identik dengan rumah makan yang menyajikan makanan non halal seperti olahan daging babi atau daging anjing, ternyata ini kekeliruan besar. Lapo di Medan adalah sebutan untuk rumah makan tradisional yang menyajikan makanan khas daerah Medan.

Bicara soal lapo, baru-baru ini, aktor Filosofi Kopi, Chicco Jerikho meresmikan bisnis kuliner terbarunya. 

Bersama rekan-rekannya seperti Rio Dewanto, chef Rahung Nasution, dan Anggia yang merupakan istri dari Angga Dwimas Sasongko, Chicco membuka lapo yang menyajikan makanan khas Batak serba halal dan bisa dinikmati semua kalangan.

"Sepertinya ada yang harus di-clear-kan di sini ya. Kalau di Sumatera kita sebenernya lapo itu kedai, bisa kedai minum, kedai kopi, bisa juga sebagai lapo tuak. Jadi lapo itu ya kedai bisa rumah makan, bisa juga dibilang lapo kopi. Kalau di daerah Mandailing memang makanannya makanan halal," papar Chef Rahung yang menangani menu di Lapo ini, Sabtu (13/10/2018).

Chicco Jerikho mengatakan bahwa ide mendirikan usaha ini telah muncul cukup lama. Tepatnya, sebelum ia terlibat dalam proyek film Cahaya dari Timur: Beta Maluku pada 2014 lalu. 

Saat itu, ia kerap ngobrol tentang bisnis kuliner dengan chef Rahung. "Kita ngobrol panjang soal kuliner, biasanya sih kalau di rumah ngobrol Rahung suka masakin kita. Akhirnya tercetus bikin restoran, beberapa tahun berlalu akhirnya rencana kita terjadi," ujarnya.

Sementara itu, makanan Batak dalam rumah makan ini, ternyata ada yang proses pembuatannya memakan waktu hingga delapan jam.

Hal lain tentang konsep lapo halal ini adalah konsep prasmanan. "Kenapa dibikin prasmanan kenapa enggak per menu, karena kita mengusung tema rumah makan seperti pada umumnya. Seperti kedai pada umumnya. Jadi kita pingin ada experience antara kawan kita sebagai penikmat makan," tutur Rahung.  

Aslinya, lapo tidak menyajikan makanan non halal. Namun di sebagaian daerah di Batak Toba, pemilik lapo banyak yang menyajikan makanan non halal, sehingga orang awam mengenal lapo sebagai rumah makan yang menyediakan menu B1 atau B2. Tapi secara umum, lapo hanya istilah rumah makan tradisional di Medan. (nat/liputan6/foto:akurat)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image